Iklan dempo dalam berita

Khodam dalam Pandangan Islam Boleh atau Tidak? Ini Jawabannya dan 6 Ciri Khusus Orang Ada Khodam

Khodam dalam Pandangan Islam Boleh atau Tidak? Ini Jawabannya dan 6 Ciri Khusus Orang Ada Khodam

Ilustrasi. hukum khodam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Istilah khodam banyak yang sudah mengetahuinya. Banyak orang yang mengaitkan dengan hal berbau mistis. khodam itu sendiri merupakan asal kata dari bahasa arab yang mempunyai arti pembantu dan penjaga untuk mendampingi seseorang.

Menurut pendapat masyarakat umum yang ada di indonesia, khodam merupakan makhluk gaib yang diciptakan oleh manusia, baik sengaja maupun tidak sengaja. Banyak orang yang percaya, jika khodam ini sudah tercipta, maka tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diturunkan ke orang lain.

Menurut penjelasan dari berbagai ahli, khodam memang bisa dibilang sama seperti jin, karena dapat berinteraksi dengan sesamanya serta bersedia membantu manusia ketika diminta. 

BACA JUGA:Orang dengan 11 Ciri Ini Istimewa, Didampingi Khodam Uang dan Rezekinya Mengalir Deras

Namun khodam biasanya hanya dimanfaatkan sebagai alat saja, maka bagi mereka yang memiliki khodam dapat melakukan hal yang tidak biasa.

Khodam adalah makhluk gaib pendamping yang selalu mengikuti tuannya dan bersedia melakukan perintah mereka. Meski sama-sama bersifat gaib, khodam dalam Islam berbeda dengan setan.

Dalam bahasa Arab, khodam mengandung arti pembantu, penjaga, atau pengawal. Lebih lanjut, dijelaskan dalam buku Ilmu Hikmah Antara Hikmah dan Kedok Perdukunan oleh Perdana Akhmad, S.Psi, khodam adalah jin muslim yang menjadi sahabat seseorang.

Sedangkan dalam tradisi Jawa, khodam identik dengan perewangan, yakni makhluk yang bertugas membantu manusia dalam urusan tertentu. Sebagian orang Jawa kerap mengaitkan khodam dengan hal-hal mistis.

Ada ritual tertentu untuk mendapatkan khodam. 

BACA JUGA:Khodam Macan Emas Bisa Diperoleh dengan Amalan Berikut Ini, Karakternya Pemberani

Helmy Faizi Bahrul Ulumi dalam jurnal Kedudukan, Dasar-Dasar dan Elemen-Elemen Magi Orang Banten menjelaskan, ritual tersebut terkait dengan pandangan bahwa setiap surat, ayat, dan huruf Alquran ada khodamnya masing-masing.

Masing-masing khodam punya spesialisasi yang berbeda. Misalnya, khodam ayat kursi untuk menjaga pemintanya dari sihir, santet, dan guna-guna, atau khodam huruf alif yang berfungsi untuk menjaga kewibawaan.

Ada pula anggapan bahwa khodam dekat dengan pemiliknya sehingga ia mampu mengetahui segala hal tentang tuannya, bahkan mampu menirukan wujud dan suaranya.

Berbeda dengan jin qorin, khodam hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Khodam sendiri biasanya dipelihara sebagai alat untuk tujuan tertentu, entah itu hal baik ataupun buruk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: