Iklan dempo dalam berita

Harga Karet Anjlok, Tingkat Pengepul Rp 5.000 per Kg

Harga Karet Anjlok, Tingkat Pengepul Rp 5.000 per Kg

RbtvCamkoha - Penurunan harga komoditi karet disebut mengerikan oleh para petani yang ada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Sebab, dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, sudah terjadi 4 kali penurunan harga. Mulai dari Rp 600, hingga Rp 750 per kilogram di tingkat pabrik.

Dikatakan Edi Kusuma, salah seorang petani karet di wilayah Desa Gunung Selan, Kecamatan Arga Makmur, penurunan terakhir terjadi pada Kamis 8 September Rp 750 dan hari ini Jumat 9 September Rp 750 per Kg.

Penurunan harga karet yang sangat signifikan, berbanding terbalik dengan kenaikan harga sejumlah bahan pangan. Serta ditambah kenaikan harga bahan bakar.

\"Barang hasil kebun petani anjlok. Sedangkan harga sembako banyak yang naik. Harga BBM juga melambung. Ini mengerikan,\" kata Edi Kusuma.

Disampaikan Edi, saat ini harga jual karet ditingkat pabrik yakni Rp 7.700,-/Kg. Sedangkan harga jual ditingkat pengepul Rp 5.000.

Untuk harga ongkos angkut menggunakan kendaraan truk dari pengepul ke pabrik yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah, yakni Rp 900 ribu.

\"Beruntung saat ini ongkos angkut masih tetap Rp 900 ribu,\" tambah Edi.

Selengkapnya di Laporan Daerah RBTV

Novan Alqadri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: