Iklan dempo dalam berita

Dinas Pertanian Kepahiang Mulai Suntik Vaksin Hewan Kurban, Pastikan Aman

Dinas Pertanian Kepahiang Mulai Suntik Vaksin Hewan Kurban, Pastikan Aman

Dinas Pertanian Kepahiang mulai suntik vaksin hewan kurban--

KEPAHIANG, RBTVCAMKOHA.COM - Tingginya permintaan terhadap hewan ternak yang akan dikurbankan menjelang hari raya Idul Adha membuat Dinas Pertanian (Distan) Kepahiang bergerak.

Distan mulai melakukan penyuntikan vaksin terhadap seluruh hewan ternak di wilayah Kabupaten Kepahiang, guna mengantisipasi serangan virus.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Selatan Awasi Operasi Dua Pabrik CPO, Begini Hasilnya 

Tahap awal ini, Dinas Pertanian menyediakan 293 ekor hewan ternak berupa sapi, kerbau dan kambing yang siap untuk dikurbankan dan dinyatakan aman dari virus, sembari menunggu kesiapan ternak lainnya untuk memenuhi kebutuhan permintaan.

Plt Kadis Pertanian Kepahiang, Swifanedi Yusda menerangkan bahwa vaksinasi yang dilakukan untuk mengantisipasi serangan virus terhadap sapi, kambing dan kerbau yang siap dikurbankan atau layak syarat.

Sehingga saat ini pihaknya melakukan karantina terhadap ratusan hewan kurban agar tak terjangkit virus yang bisa saja menyerang seperti PMK dan virus lain yang bisa berdampak pada hewan. 

"Kami telah melakukan pendataan ke seluruh kelompok ternak yang ada di Kepahiang dan melakukan vaksinasi demi menjaga keamanan hewan dari serangan virus," kata Swifanedi, Selasa (30/1). 

BACA JUGA:Anak Kecanduan Main Game di Hp, Coba Lakukan Cara Ini

Mengantisipasi melonjaknya permintaan hewan kurban yang biasanya pesanan banyak datang dari kabupaten tetangga, Distan tak hanya 293 hewan yang telah disediakan dan siap kurban, namun juga telah meminta agar seluruh kelompok ternak untuk menyediakan stok hewan jika dianggap kurang.

Jika belajar dari tahun sebelumnya Kabupaten Kepahiang merupakan salah satu wilayah yang dituju untuk membeli hewan kurban dengan kualitas hewan yang mumpuni.

BACA JUGA:WOW! Selalu Kaya dari Lahir Sampai Tua, Ini 8 Pemilik Tanggal Lahir Bangsawan 

"Kami pastikan semua aman, dan kami sudah minta para kelompok ternak untuk bisa menutupi kebutuhan jika terjadi lonjakan permintaan hewan kurban, karena sejauh ini baru 185 ekor sapi, 15 ekor kerbau dan 93 ekor kambing yang tersedia," sampai Kadis Pertanian Kepahiang. 

Nico Relius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: