Iklan dempo dalam berita

Ashabul Kahfi, Cerita Pemuda yang Tertidur 309 Tahun Demi Mempertahankan Keimanan

Ashabul Kahfi, Cerita Pemuda yang Tertidur 309 Tahun Demi Mempertahankan Keimanan

Kisah Ashabul Kahfi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Banyak kisah menarik yang biasa didengar umat Islam. Kisah-kisah ini menggambarkan kekuasaan Allah SWT dan imbalan bagi umat yang saleh.

 

Diantara kisah yang familiar di kalangan umat Islam yakni tentang ashabul kahfi yang mengisahkan tentang pemuda yang tertidur selama 309 tahun. 

 

Diceritakan, kisah ini terjadi sebelum zaman Nabi Muhammad SAW. Bermula dari negeri yang bernama Afasus dengan pemimpin yang kejam dan penyembah berhala bernama Raja Daqyanus.

 

BACA JUGA:Akhirnya Abu Nawas Tertipu, Tukang Tipu Kena Tipu

Raja tersebut tidak segan membunuh siapapun yang menolak untuk diajak mengikuti perintahnya dalam menyembah berhala. Hingga kabar bahwa ada kumpulan para pemuda yang menolak menaati perintahnya pun terdengar olehnya.

 

Para pemuda tersebut menyebutkan alasan mereka menolak menyembah berhala karena hanya ingin beribadah kepada Allah SWT. Raja Daqyanus pun tidak tinggal diam dan mulai menawarkan keuntungan bagi mereka, seperti harta hingga jabatan agar mau menyembah berhala.

 

Namun, mereka tetap teguh pada pendiriannya dan menolak semua tawaran menggiurkan dari Raja Daqyanus. Keteguhan para pemuda tersebut diceritakan dalam surah Al Kahfi ayat 13-14,

 

(13) نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: