Iklan RBTV Dalam Berita

6 Tahap Kehidupan Setelah Kiamat, Nomor 4 Mulut Manusia akan Dikunci

6 Tahap Kehidupan Setelah Kiamat, Nomor 4 Mulut Manusia akan Dikunci

Ilustrasi. Kehidupan manusia setelah kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kiamat merupakan peristiwa kehancuran, kegoncangan, dan kemusnahan yang akan terjadi di dunia. Secara bahasa, istilah Kiamat berasal dari kata 'Yaum al Qiyamah' yang berarti hari kebangkitan umat atau hari kehancuran dunia.

Adapun dalam ajaran Islam, kiamat dibagi menjadi dua macam yakni kiamat kubra dan kiamat sugra. Kedua kiamat ini memiliki pengertian, penjelasan peristiwa, contoh, dan tanda-tanda yang berbeda. Namun, kiamat kubra dan kiamat sugra sama-sama wajib diimani oleh setiap muslim.

Setelah kehidupan di bumi berakhir, manusia akan memasuki fase kehidupan baru, yaitu kehidupan akhirat. Dapat dikatakan kiamat kubra bukanlah akhir dari kehidupan, tetapi merupakan awal dari kehidupan baru. Dalam fase ini, setiap makhluk hidup akan bertanggung jawab atas segala perbuatan yang dilakukan selama di dunia. 

BACA JUGA:Tersiksa karena Sakit Pinggang, Berikut Penyebab dan Cara Pengobatannya

Mempercayai hari kiamat merupakan bagian integral dari rukun iman. Sebagai seorang Muslim, keyakinan akan datangnya hari akhir (kiamat) merupakan salah satu dari lima rukun iman yang harus diyakini. 

Contoh kiamat kubra mengacu pada kiamat besar, sedangkan kiamat sugra merujuk pada kiamat kecil. Al-Qur'an dalam surat Al-A'raf ayat 187 menyatakan bahwa kiamat pasti akan terjadi di muka bumi. Namun, hanya Allah yang mengetahui waktu pasti terjadinya kiamat.

 

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ 

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS. Al-A’raf ayat 187).

Contoh kiamat kubra hanya akan terjadi sekali yang juga dikenal dengan istilah hari akhir. 

 

Berikut adalah beberapa fase kehidupan setelah kiamat 

 

1. Yaumul Qiyamah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: