Iklan dempo dalam berita

Tanggal Berapa Hari Raya Idul Adha 2023? Ini Jadwal Muhammadiyah, Pemerintah dan Kata BRIN

Tanggal Berapa Hari Raya Idul Adha 2023? Ini Jadwal Muhammadiyah, Pemerintah dan Kata BRIN

Hari raya idul adha--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Hari Raya Idul Adha 2023 sebentar lagi. Lalu tanggal berapa? Berikut ini informasi jadwal penetapan Idul Adha 2023 versi Muhammadiyah, pemerintah dan penjelasan BRIN.

Seperti diketahui Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 Zulhijah. Umat Islam akan menggelar salat Id dan melakukan ibadah kurban pada hari besar tersebut.

Syaikh Hanafi Al-Mahlawi mengatakan dalam Kitab Ayyamullah, Hari Raya Idul Adha adalah wujud dari rasa syukur kaum muslimin, pembersih atas nikmat yang mereka dapatkan, dan berbagi atas kebahagiaan yang mereka rasakan. Pada hari raya tersebut, umat Islam juga disunnahkan menunaikan salat Id secara berjamaah.

BACA JUGA:Menyembelih Hewan Kurban di Halaman Masjid Bolehkah? Pahami 5 Penjelasan Ini

Dalam sebuah riwayat shahih, Rasulullah SAW melarang umatnya mengerjakan puasa pada Hari Raya Idul Adha. Sebab, hari tersebut merupakan hari makan hewan kurban.

 

 حَدِيثُ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: هَذَانِ يَوْمَانِ نَهى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صِيَامِهِمَا: يَوْمُ فِطْرِكُمْ مِنْ صِيَامِكُمْ وَالْيَوْمُ الآخَرُ تَأْكُلُونَ فِيهِ مِنْ نُسُكِكُمْ أخرجه البخاري في

 

Artinya: "Umar bin Khattab RA berkata: "Pada kedua hari ini Nabi SAW telah melarang orang berpuasa, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri sesudah Ramadan dan Hari Raya Idul Adha sesudah wuquf di Arafah." (HR Bukhari).

 

BACA JUGA:Abu Nawas Ditertawakan karena Berangkat Sholat Jumat Hari Kamis

Dikutip dari laman resmi Kemenag, Idul Adha terjadi setiap 10 Dzulhijjah yang juga dikenal dengan sebutan Hari Raya Haji atau Lebaran Haji. Pada hari tersebut, umat Islam biasanya melaksanakan ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah.

Selain itu, Idul Adha juga dikenal dengan nama Idul Kurban, hal ini karena pada hari tersebut Allah SWT memberi kesempatan kepada umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepadaNya. 

Bagi umat Islam yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan kurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: