Iklan dempo dalam berita

Kenali Dampak Stres! Dampak Fisik dan Dampak Psikis, Simak Juga Tips Mengatasinya disini

Kenali Dampak Stres! Dampak Fisik dan Dampak Psikis, Simak Juga Tips Mengatasinya disini

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kenali dampak! dampak fisik dan dampak psikis, simak juga tips mengatasinya disini.

Apakah Anda pernah merasa kepala terasa berat dan emosi terombang-ambing tanpa alasan yang jelas? Artikel ini akan membahas dampak stres yang mungkin telah Anda rasakan, mulai dari gangguan fisik hingga perubahan emosi yang memengaruhi kesejahteraan mental Anda.

Sebenarnya, stres tidak selalu berdampak negatif bagi tubuh manusia. Beberapa jenis stres bahkan memiliki efek yang bermanfaat dan membawa pengaruh positif bagi kesehatan mental serta memacu peningkatan kinerja dan semangat seseorang. Misalnya, stres dapat menjadi pendorong bagi seseorang untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. 

Namun, saat stres berlangsung terlalu lama atau menjadi terlalu berat, dampaknya dapat menjadi merugikan bagi kesejahteraan fisik dan mental seseorang. Berikut adalah beberapa dampak psikologis dan fisik yang dapat timbul akibat stres.

BACA JUGA:Kenali Jenis – jenis Stres dan Penyebabnya untuk Kesejahteraan Mental yang Sehat

Dampak Fisik dari Stres:

1. Sakit Kepala dan Dada

Sakit kepala sering kali menjadi gejala umum saat mengalami stres. Ketegangan otot dan saraf di kepala bisa menyebabkan migrain atau rasa sakit yang menjalar ke dada, bahkan hingga kesemutan di satu sisi atau kedua sisi kepala.

2. Ketegangan atau Nyeri Otot

Stres menyebabkan otot-otot tubuh menegang, dan jika stres berlanjut, otot-otot tersebut mungkin terus menegang, menyebabkan nyeri otot dan ketegangan di seluruh tubuh.

3. Kelelahan yang Tidak Wajar

Jika Anda merasa cepat lelah meskipun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat atau sudah istirahat cukup, itu bisa menjadi tanda stres yang berkepanjangan.

4. Gangguan Pencernaan

Stres dapat memengaruhi pergerakan makanan dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah seperti mual, muntah, sakit perut, diare, atau gangguan pencernaan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: