Iklan dempo dalam berita

Infaq Menjadi Amalan Ibadah yang Sangat Dimuliakan Allah SWT, Berikut 6 Manfaat Infaq yang Luar Biasa

Infaq Menjadi Amalan Ibadah yang Sangat Dimuliakan Allah SWT, Berikut 6 Manfaat Infaq yang Luar Biasa

6 Manfaat Infaq yang Luar Biasa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Infaq menjadi amalan ibadah yang sangat dimuliakan Allah SWT , berikut 6 manfaat infaq yang luar biasa!

Infaq sebagai salah satu bentuk ibadah yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT, merupakan tindakan membelanjakan sebagian harta di jalan yang diridhai-Nya.

BACA JUGA:Berapa Kali Takbir Shalat Idul Fitiri? Apa Kalimat yang Dibaca Saat Rakaat Pertama dan Kedua

Secara etimologis, infaq berasal dari kata 'anfaqa' yang mengandung makna mengeluarkan sesuatu (harta) untuk suatu kepentingan, sedangkan dalam terminologi syariat, infaq merujuk pada pengeluaran sebagian harta atau penghasilan untuk kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran Islam.

Dibandingkan dengan zakat dan sedekah, infaq memiliki perbedaan dalam hal tidak mengenal nasab atau batasan seperti yang terdapat dalam kewajiban zakat. Selain itu, infaq harus berwujud harta, barang, atau benda.

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Idul Fitri Dilakukan Dirumah Saja? Begini Penjelasannya

Anjuran untuk berinfaq juga terdapat dalam hadits yang diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, dimana Rasulullah SAW menyampaikan pesan dari Allah SWT yang mengajak umat manusia untuk berinfaq. Sebagaimana disampaikan dalam hadits tersebut, Allah SWT berfirman, "Berinfaqlah wahai anak Adam. Jika kamu berbuat demikian, Aku akan memberi infaq kepada kalian." (HR Bukhari dan Muslim).

Maka dari itu dengan melakukan infaq, seseorang tentu akan mendapatkan manfaat dari kebaikan yang dilakukannya.

BACA JUGA:Sejarah dan Makna Hari Raya Idul Fitri Pada Zaman Nabi Muhammad SAW hingga Kini, Umat Islam Wajib Tahu

Manfaat Infaq Menurut Al-Qur'an dan Hadits

Mengutip dari buku Panduan Muslim Sehari-Hari dari Lahir Sampai Mati karya KH M. Hamdan Rasyid dan Saiful Hadi El-Sutha, berikut ini adalah manfaat infaq `menurut Al-Qur'an dan hadits.

1. Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Seseorang yang mengerjakan infaq akan mendapatkan kebaikan berupa pahala dan balasan yang berlipat-lipat di sisi Allah SWT. Sebagaimana dalam firman-Nya pada Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui." (QS Al-Baqarah: 261).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: