Iklan dempo dalam berita

Atasi Musim Trek Kelapa Sawit, Coba Lakukan Cara Ini

Atasi Musim Trek Kelapa Sawit, Coba Lakukan Cara Ini

Musim trek seringkali membuat petani sawit pusing--

 

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Musim trek sangat dikhawatirkan petani. Bagaimana tidak, dalam periode musim trek ini buah sawit akan turun drastis. Jika buah yang didapati sedikit, berarti pendapatan petani juga sedikit.

 

Padahal petani harus menyediakan pupuk dalam periode tertentu secara rutin untuk memastikan tanaman sawit tetap berproduksi.

BACA JUGA:Pemerintah Ingin Satu Hektare Kebun Sawit Menghasilkan 12 Ton Buah, Ini Caranya

 

Karenanya banyak yang bertanya apa saja pencegahan untuk mengatasi musim trek pada kelapa sawit? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

 

1)      Pencegahan pertama yang harus dilakukan adalah pengelola perkebunan haruslah selalu memastikan bahwa asupan kebutuhan air di sekitar tanaman tetaplah cukup dan seimbang.

 

Tidak boleh berlebihan dan tidak boleh berkekurangan. Tanaman ini memerlukan asupan air yang cukup banyak. Maka jika pada musim kemarau hal ini dapat menjadi pemicu jika tidak ditanggulangi sebelumnya.

 

2)      Menanam tumbuhan-tumbuhan baik yang mendukung perkembangan kelapa sawit itu sendiri. Anda juga dapat memberikan pupuk organik agar keseimbangan air terjaga dengan baik dan cukup.

 

3)      Selain masalah air, masalah unsur hara pada tanah juga harus diperhatikan. Tanah adalah tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman.

 

Jika keseimbangan unsur hara terganggu atau unsur hara menipis jumlahnya, maka akan menyebabkan trek dan tidak menghasilkan buah sama sekali.

 

4)      Pemupukan yang baik dan menggunakan pupuk organik juga merupakan salah satu upaya agar tidak terkena trek di perkebunan sawit ini. Perhatikan pupuk yang Anda gunakan. Jangan sampai menggunakan pupuk kimia yang murah tapi hanya merugikan.

 

 

 

BACA JUGA:Beli Bibit Sawit, Perhatikan Ciri Berikut Ini agar Mendapatkan Bibit Berkualitas

Demikian informasi saat musim trek pada tanaman sawit, semoga bermanfaat.

 

 

 

Tim liputan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: