Iklan dempo dalam berita

Penggembala Kambing Menjadi Manusia Terakhir di Dunia Sebelum Sangkakala Ditiup

Penggembala Kambing Menjadi Manusia Terakhir di Dunia Sebelum Sangkakala Ditiup

Ilustrasi pengembala kambing--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kiamat adalah peristiwa yang mengacu pada akhir dari dunia dan matinya semua yang hidup. Di hari kiamat semua makhluk yang ada di semesta ini akan mati seluruhnya. 

Tidak hanya itu, karena hari kiamat adalah akhir dari kehidupan di dunia, maka bumi yang menjadi tempat hidupnya para makhluk Allah SWT pun juga akan dihancurkan.

Tidak hanya bumi saja yang dihancurkan, planet-planet yang ada di luar angkasa, termasuk matahari dan benda-benda langit lainnya juga akan dihancurkan. dengan begitu tidak ada satu tempat pun yang akan membuat kita sebagai manusia bisa lolos dari kiamat.

BACA JUGA:Udara Sejuk yang Mewafatkan Orang Beriman Menjelang Kiamat, Berhembusnya Setelah Matahari Terbit

Meski demikian, penting untuk dipahami bahwa kiamat bukanlah satu peristiwa tunggal. Kiamat adalah serangkaian peristiwa yang mana masing-masing peristiwa tersebut menuju pada peristiwa kehancuran besar. 

Kiamat dimulai dari peristiwa munculnya tanda-tanda kiamat.

mengingat bahwa sebagian ulama telah mengatakan bahwa sebagian tanda-tanda kiamat telah muncul, bisa dikatakan bahwa kiamat, atau setidaknya proses menuju kiamat sebenarnya tengah berlangsung.

Serangkaian peristiwa kiamat ini akan segera mencapai puncaknya ketika tanda-tanda yang telah disabdakan Nabi Muhammad SAW, telah muncul. Adapun tanda-tanda kiamat antara lain adalah munculnya kabut, munculnya Dajjal, munculnya hewan melata Dabbah, terbitnya matahari dari barat, keluarnya ya'juj dan ma'juj, turunnya Nabi Isa AS, munculnya gerhana di timur, munculnya gerhana di barat, gerhana di jazirah Arab, dan yang terakhir munculnya munculnya api di Yaman.

BACA JUGA:Apa Betul Arwah Orang yang Meninggal akan Datang Malam Jumat? Ini Kata Buya Yahya dan Gus Baha

Banyak perbedaan pendapat pendapat di antara para ulama mengenai urutan peristiwa sebelum kiamat di mana seluruh alam semesta dihancurkan. Namun menurut Imam Al-Qurthubi menyebutkan bahwa ada hadits lain yang menyebutkan tanda-tanda tersebut secara berurutan, yakni hadits Muslim dari Hudzaifah dalam riwayat yang berbeda, yang menyebutkan bahwa tanda yang pertama kali muncul adalah tiga gerhana.

Oleh Al-Qurthubi, kejadian ini sudah pernah terjadi di masa Rasul SAW. Sedangkan tanda-tanda setelahnya masih banyak diperdebatkan urutannya.

Karena itu, simpulan dari kajian hadits-hadits terkait tanda-tanda kiamat ini adalah tanda-tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits sifatnya hanya prediksi Rasul SAW.

Bahkan kepastian urutannya pun masih diperdebatkan. Begitu juga waktu kejadiannya. Ada yang menyebut bahwa sebagian sudah terjadi ada juga yang menyebutnya belum terjadi, bahkan perdebatan ini sudah terjadi pada masa sahabat.

BACA JUGA:KKB Egianus Kogoya Mulai Terpecah, Tokoh Agama Papua Ramai-ramai Bantu TNI-Polri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: