NASIONAL, RBTV.DISWAY.ID – Panik saat melihat ponsel ternyata ada panggilan tak terjawab dari debt collector (DC) Shopee yang berniat mengingatkan tagihan sudah jatuh tempo atau sudah telat?
Tenang, cari tahu apakah ini berindikasi akan ada kunjungan langsung dari DC lapangan atau tidak!
BACA JUGA:Jembatan Kebun Tebeng Siap Diresmikan, Dinamai Jembatan Air Cugung Patil
Rasa ketakutan akan dikunjungi DC lapangan yang bertugas untuk melakukan penagihan langsung memang sering drasakan oleh debitur yang telat atau gagal bayar.
Padahal, tidak semua panggilan dari DC berniat untuk menagih. DC biasanya akan mencoba menghubungi melalui telepon, SMS, atau email beberapa kali terlebih dahulu untuk mengingatkan tentang tunggakan atau mencoba negosiasi pembayaran.
Kunjungan ke rumah adalah salah satu pilihan terakhir. Upaya penagihan di lapangan umumnya dilakukan jika cara-cara penagihan lain tidak berhasil, dan biasanya untuk tunggakan yang sudah cukup lama atau jumlahnya signifikan.
Dengan menelepon terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk berkomunikasi dengan dan mengetahui alasan keterlambatan dan mencari solusi pembayaran.
BACA JUGA:Menunggu Rekomendasi Kemendagri, 3 Nama Calon Sekda Tinggal Diserahkan ke Gubernur
Jika debitur merasa risih dengan komunikasi yang ‘bebal’ atau berulang kali dari DC, maka ada beberapa cara yang dapat dicoba, berikut ini adalah diantaranya:
1. Bayar Tunggakan
Cara paling efektif untuk menghentikan kontak adalah dengan menyelesaikan kewajiban keuangan. Begitu tagihan lunas, alasan DC untuk menghubungi akan hilang dengan sendirinya.
2. Komunikasi Langsung dengan Shopee/SPayLater
Hubungi layanan pelanggan Shopee dan menjelaskan situasi saat ini. Sampaikan bahwa Anda bersedia untuk membayar, namun meminta keringanan atau restrukturisasi pembayaran, serta meminta agar frekuensi penagihan dikurangi:
- Ajukan Restrukturisasi
Diskusikan opsi penataan ulang jadwal pembayaran yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda saat ini.
- Minta Batas Komunikasi
Debitur berhak meminta agar penagihan dilakukan dengan cara yang sopan dan pada waktu yang wajar. Minta mereka untuk menghubungi melalui saluran komunikasi tertentu, misalnya, hanya via email atau SMS pada jam-jam tertentu saja.