Pahami, Berikut Ini Perbuatan atau Niat yang Termasuk Syirik

Senin 26-06-2023,08:32 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

 

وَمَا تَشَآءُوْنَ إِلَّا أَنْ يُشَاءَ اللَّهُ رَبُّ الْعَلَمِيْنَ

 

Artinya: "Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan seluruh alam."

 

Syirik khafi (tersembunyi), yaitu syirik dalam hal keinginan dan niat, seperti riya' (ingin dipuji orang) dan sum'ah (ingin didengar orang) dan lainnya. Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah syirik kecil. "Mereka (para sahabat) bertanya, "Apakah syirik kecil itu, ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu riya"." (HR Ahmad)

BACA JUGA:Jenazah Bersaksi Atas Rasulullah, Karomah Istimewa Juru Bicara Rasulullah Tsabit bin Qais

 

Perbedaan antara syirik besar dan syirik kecil terletak pada konsekuensi yang dihadapi oleh pelakunya. Seseorang yang terlibat dalam syirik besar (akbar) akan mengakibatkan semua amal perbuatannya menjadi tidak berarti atau terhapus.

 

Sementara itu, syirik kecil (ashgar) tidak menghapuskan semua amal perbuatan, namun hanya amal perbuatan yang terpengaruh oleh syirik kecil tersebut yang akan menjadi tidak bernilai. Bagi orang yang terlibat dalam syirik besar, amal perbuatan mereka tidak akan memiliki nilai dan mereka akan dijaga di dalam neraka.

BACA JUGA:Kisah Karomah Safinah, Mantan Budak yang Dimerdekakan Rasulullah

 

Sementara itu, bagi pelaku syirik kecil, mereka tidak akan tinggal di neraka untuk selamanya. Jika mereka memasuki neraka, mereka akan menerima hukuman sesuai dengan tingkat dosa mereka, dan setelah itu mereka akan dimasukkan ke dalam surga.

 

Kategori :