PERHATIAN, Berikut Ciri Kuku Tidak Sehat dan Penanda Ada Penyakit Lain

Sabtu 08-07-2023,13:47 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

 

5. Garis Hitam Pada Kuku

Bila ada garis hitam vertikal di atas kuku kamu, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi kamu mengidap kanker jaringan kulit melanoma.

BACA JUGA:Transaksi Cashless Tumbuh Double Digit, BSI: Terima Kasih Atas Kepercayaan Seluruh Nasabah

 

Melanoma adalah jenis keganasan yang tergolong agresif dan sulit ditaklukkan. Meski begitu, dengan diagnosis dini dan penanganan yang tepat, penderita melanoma punya angka harapan hidup yang lebih baik.

 

6. Kuku Kering, Pecah-Pecah, atau Rapuh

Infeksi jamur pada kuku bisa menyebabkan kuku pecah-pecah dan kekuningan. Infeksi jamur kuku adalah salah satu jenis penyakit yang sulit disembuhkan. Pengobatan infeksi jamur pada kuku memerlukan waktu yang cukup lama.

 

Apabila kuku pecah-pecah juga mengalami kelainan bentuk, seperti kering, rapuh, atau bergelombang, hal ini menandakan adanya masalah pada tubuh. Penyakit tiroid sering kali dicurigai jadi penyebab kelainan bentuk kuku tersebut. Selain itu, kurangnya komponen gizi, seperti mineral dan vitamin juga bisa jadi penyebabnya.

 

7. Kuku Berbentuk Cakar

Banyak lansia mungkin tidak lagi rutin merawat kukunya. Akhirnya, jaringan kuku pun menebal, melengkung, dan berubah warna menjadi kekuningan. 

Inilah yang menyebabkan kuku berbentuk seperti cakar.

 

Kategori :