Sifat Adil Umar Bin Khattab, Tolak Hadiah Gula dan Membela Yahudi Miskin

Kamis 13-07-2023,14:08 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

“Apakah semua kaum muslimin mendapatkan kiriman gula-gula ini?” tanya Umar.

BACA JUGA:Ini Sumur Utsman Bin Affan, Satu-satunya Sumur Zaman Rasulullah yang Masih Mengalir Sampai Sekarang

 

Utusan itu tertegun atas pertanyaan Umar, kemudian menjawab, “Oh tidak Baginda, gula-gula ini khusus untuk Amirul Mukminin”. 

 

Mendengar jawaban itu, Umar tampak amat marah. Segera ia memerintahkan kepada utusan Azerbaijan untuk membawa gula-gula tersebut ke masjid dan membagi-bagikannya kepada fakir miskin.

 

“Barang ini haram masuk ke dalam perutku, kecuali jika kaum muslimin memakannya juga,” kata Umar dengan nada agak marah. 

 

“Dan engkau cepatlah kembali ke Azerbaijan, beritahukan kepada yang mengutusmu, bahwa jika ia mengulangi ini kembali, aku akan memecat dari jabatannya!” 

 

Azerbaijan adalah sebuah wilayah di Iran. Kaum Muslim pertama kali memasuki wilayah tersebut antara 19-23 H/639-643 M. Gubernur pertamanya Hudzaifah bin Al-Yaman, lalu Umar mengangkat Utbah bin Farqad sebagai gubernur wilayah Tabriz/Azerbaijan, menggantikan Hudzaifah.

BACA JUGA:Insyaallah Hajat Sebesar Gunung Dikabulkan Rezeki Lancar, Baca Doa Ini 3 Kali Saat Sujud

 

Kepemimpinan Umar bin Khattab yang menekankan kepentingan orang banyak juga terlihat ketika rumah gubuk seorang Yahudi berusaha digusur oleh Gubernur Mesir, Amr bin Ash.

 

Kategori :