Diburu Kolektor, 7 Batu Akik Ini Harganya Mahal, Simak Juga Cara Perawatan Biar Terus Berkilau

Senin 24-07-2023,22:09 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

 

Ternyata, tingkat kekerasan setiap batu akik itu berbeda-beda. Misalnya, batu berlian punya tingkat kekerasan yang tertinggi. Lalu ada rubi dan safir yang juga tinggi, hingga batu aquamarine yang punya tingkat kekerasan rendah.

Jika kamu menyimpan batu yang toleransi tergoresnya tinggi dengan yang rendah, maka akan ada potensi batu yang tingkat kekerasannya rendah itu mudah tergores. Maka dari itu, kamu harus simpan dalam kotak atau kantung yang berbeda.

 

Jauhkan dari panas matahari langsung

 

Tips selanjutnya adalah hindari baru akik dari cahaya matahari langsung. Pasalnya, sinar panasnya itu bisa mempengaruhi warna dan kondisi batu akik, bahkan hingga memudar.

Simpanlah batu di tempat yang sejuk. Bukan cuma itu, menyimpannya di tempat panas akan membuat batu menjadi kering karena kurangnya kelembaban.

BACA JUGA:5 Jenis Kredit Tanpa Agunan yang Pasti Disetujui oleh Bank, Cek di Sini

 

Jauhkan batu akik dari bahan kimia

 

Produk atau barang yang mengandung bahan kimia seperti parfum atau kosmetik sebaiknya dijauhkan dari batu akik. Hal tersebut karena bahan kimia mampu merusak batu itu sendiri.

Selain itu, jika kamu hendak berenang di kolam renang, jangan lupa untuk melepaskannya. Klorin yang terkandung dalam air kolam bisa menghilangkan kecantikan batu akikmu. 

 

Itulah beberapa cara merawat batu akik agar tetap berkilau. Mungkin terlihat mudah, tetapi cara di atas harus dilakukan dengan hati-hati dan telaten agar tak merusak batu cincin milikmu. Demikian semoga bermanfaat.(tim)

Kategori :