Apakah Bedak Kelly Menggunakan Bahan yang Aman? Berikut 7 Tips Memilih Kosmetik yang Aman

Minggu 27-08-2023,14:04 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Baca Dzikir Ini Sekali Sebelum Tidur, Rezeki Deras Seperti Air Hujan

  

Sebelum diketahui bahaya penggunaan merkuri pada berbagai produk kecantikan, bahan kimia ini terbilang lazim digunakan pada produk pemutih wajah. 

 

Merkuri memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan melanin, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. 

 

Hal inilah yang membuat banyak orang tergiur dengan iming-iming mendapatkan kulit wajah putih dan cantik dalam waktu cepat tanpa menyadari risiko bahaya yang terkandung di dalamnya. 

 

Kandungan merkuri dalam sebuah produk kosmetik dinilai berbahaya bagi kesehatan. Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri bisa menyebabkan beberapa masalah seperti sakit kepala, insomnia, perubahan emosi, gangguan sensori bahkan untuk kasus yang lebih parah bisa menyebabkan gagal ginjal hingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan risiko kanker. 

 

Meskipun demikian tidak sedikit produk kecantikan yang menggunakan merkuri sebagai bahan tambahan di dalamnya. Lantas, bagaimana dengan bedak Kelly? 

BACA JUGA:Pahami Baik-baik, Ini Beda Paylater dan Pinjol yang Banyak Jerat Mahasiswa dan Lakukan Hal Tak Terduga

 

Larangan penggunaan bahan merkuri pada produk-produk kecantikan sudah tertera pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1175/Menkes/Per/VIII/2010 Tahun 2010 tentang Izin Produksi Kosmetika, sehingga produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya khususnya merkuri sudah pasti tidak boleh diedarkan dan akan ditarik dari pasaran. 

 

Isu bahwa bedak Kelly mengandung merkuri memang cukup meresahkan, tidak sedikit pula yang mempertanyakan kebenaran isu ini. 

Kategori :