Pertalite Dihilangkan Tahun Depan, Ini Jenis BBM Penggantinya

Rabu 30-08-2023,19:54 WIB
Reporter : Tim liputan

 

Serta, mengikuti mandat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menetapkan kendaraan yang diproduksi tidak boleh menggunakan bensin RON di bawah 91.

 

"Jadi, rencana kami ini sudah sangat pas, dari aspek lingkungan dan kedua mandatori pemakaian bioetanol," kata Nicke.

 

Isu penghapusan pemakaian pertalite sempat dikemukakan oleh KLHK yang mengimbau masyarakat untuk menghentikan penggunaan pertalite guna mengurangi polusi udara di Jakarta, lantaram BBM dengan RON 90 itu dianggap tak ramah lingkungan.

BACA JUGA:Saldo Gratis Rp350 Ribu dari Bicolink Langsung Cair via DANA

 

Namun demikian, wacana itu mendapat pertentangan dari Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Menurutnya, secara keekonomian semakin tinggi RON BBM, akan semakin mahal harga jualnya.

 

"Pemerintah jangan sekedar menggeser penggunaan BBM ke arah yang beroktan tinggi, namun membebankan harga energi yang tinggi tersebut kepada masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi.

 

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meminta pemerintah untuk cermat membuat perhitungan besaran subsidi yang diperlukan untuk menjalankan program ini.  

BACA JUGA:Bansos Rp 2,4 Juta Cair Lagi, Begini Cara Cek Nama Anda Terdaftar Penerima atau Tidak

 

"Kalau pemerintah punya uang, maka sebaiknya harga pertamax disubsidi agar harga jualnya setara dengan harga pertalite eksisting," tutupnya.

Kategori :