Barang Dijual Sama, Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan, Ternyata Ini Alasannya

Minggu 17-09-2023,13:57 WIB
Reporter : Tim liputan

- Competitive Rivalry

 

Lingkungan bisnis yang mempunyai tingkat kompetisi sangat tinggi antar perusahaan dan kompetitor. Ketika sudah terjadi persaingan, perusahaan akan menciptakan inovasi baru agar produknya tidak kalah saing dari lawan bisnis.

 

- Power of Buyer

 

Kemampuan konsumen dalam tawar menawar harga produk agar lebih murah. Jadi, konsumen akan menimbang sendiri harga barang di Indomaret dan Alfamart lalu memutuskannya sendiri akan membeli di mana.

 

- Power of Supplier

 

Dipengaruhi oleh produk yang dihasilkan dari supplier. Semakin dikit supplier sebuah produk, maka semakin tinggi ketergantungan perusahaan terhadap supplier tersebut untuk memasok barang pada mereka.

BACA JUGA:7 Manfaat Kentang Selain Bikin Kenyang, Bisa Hilangkan Flek Hitam dan Mengatasi Wajah Berminyak

 

- Threat of New Entry

 

Sulit bagi pendatang baru untuk memasuki pasar atau industri tersebut. Karena kekuatan perusahaan dipengaruhi oleh hambatan seperti biaya masuk, regulasi, kondisi ekonomi dan hak paten. Hal ini akan memengaruhi siapa yang lebih berkuasa dan lebih besar di lokasi tersebut.

Kategori :