Awas Tertipu, Segini Upah Tukang Bangunan saat Ini dan Tips Memilih Tukang yang Tepat

Senin 18-09-2023,13:21 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Seringkali kita mendengar keluhan orang yang mendirikan rumah, tentang upah tukang yang sangat mahal. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan, hampir satu setengah biaya yang dikeluarkan untuk mendirikan bangunan habis membayar upah.

 

Tentu saja sebelum tukang bekerja, sudah ada kesepakatan antara tukang dengan yang memberi pekerjaan. Tinggal lagi bagaimana seorang tukang bekerja sungguh-sungguh dan orang yang memberikan pekerjaan ini mengawasi kinerja tukangnya.

 

Sistem upah tukang bangunan dibagi dalam dua sistem, yaitu upah harian dan upah borongan. Jika Anda hendak membangun atau merenovasi rumah, Anda bisa memilih membayar upah harian atau borongan.

BACA JUGA:Berusaha Kabur Dari Kejaran Warga Karena Ketahuan Mencuri Motor, Pemuda ini Kritis Setelah Tabrak Toko Mainan

 

Untuk upah bangunan harian, setiap harinya kamu mesti membayar para tukang usai mereka bekerja. Sementara sistem upah borongan, umumnya para tukang bakal mendapatkan gaji sesuai jumlah hari kerja mereka.

 

Meski kerap penentuan upah tukang bangunan dilandasi kesepakatan terkait seberapa berat pekerjaan, terdapat standar gaji atau tarif yang tentu saja mesti diketahui oleh pihak terkait.

 

Berikut ini tarif tukang bangunan untuk tahun 2023. Tentu saja tarif upah ini tidak bisa berubah di berbagai daerah, dengan berbagai alasannya.

BACA JUGA:Ini Prosedur Lengkap Pinjam Rp50 Juta di KUR BRI 2023, Angsuran Merakyat

 

Upah berdasarkan jenis pekerjaan (per hari):

Kategori :