Jengkel Pengajuan KUR BRI Selalu Ditolak, Pahami 5 Penyebabnya dan Solusinya di Sini

Senin 18-09-2023,20:14 WIB
Reporter : Tim

 

Apabila membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar maka bisa memilih KUR Kecil yang memiliki plafon pinjaman hingga Rp. 500 Juta. Selain itu, anda juga bisa mengajukan KUR Mikro dengan maksimal pinjaman hingga Rp. 50 Juta. Sedangkan untuk KUR TKI memiliki limit pinjaman hingga Rp. 25 Juta.

 

Pihak BRI akan terlebih dahulu meninjau kelayakan nasabah apakah berhak mendapatkan pinjaman atau tidak. Jika ternyata pengajuan ditolak, maka kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut.

 

BACA JUGA:Cek Tabel Angsuran KUR BNI September 2023, Ini Syarat Ajukan Pinjaman Rp40 Juta

 

1. Jenis Usaha Tidak Sesuai Ketentuan Bank BRI

 

Syarat utama pengajuan KUR BRI adalah harus memiliki usaha produktif dan layak. Tidak semua jenis usaha bisa diterima. Bank BRI akan terlebih dahulu meninjau jenis usaha yang dijalankan nasabah, apakah layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

 

Usaha yang dijalankan minimal telah aktif selama 6 bulan. Jika kurang dari itu maka pengajuan bisa ditolak. Pendapatan usaha yang dijalankan setiap bulannya juga menjadi salah satu pertimbangan Bank BRI untuk menyetujui pengajuan pinjaman.

 

Jika pendapatan perbulan cukup kecil dan tidak bisa menutupi cicilan setiap bulannya maka otomatis Bank BRI akan menolak pengajuan. Terlebih di era Pandemi ini, banyak sekali perusahaan yang mengalami penurunan omset sehingga tidak bisa membayar cicilan.

 

Kami sarankan untuk menyesuaikan nominal pinjaman dengan pendapatan per bulan. Jangan sampai mendapatkan menjadi minus karena habis untuk membayar cicilan. Apabila nantinya tidak bisa bayar maka bisa mengakibatkan agunan disita bank.

Kategori :