Jangan Asal Pilih, Begini Cara Memilih Air Minum Kemasan Galon yang Bebas BPA

Jumat 13-10-2023,11:58 WIB
Reporter : Tim Liputan

Belum selesai dengan dua hal yang disebutkan diatas, BPA juga dapat terkait dengan cacat lahir dan masalah kesehatan pada anak. Ada banyak cara bagaimana plastik dapat mengganggu pertumbuhan embrio, janin, atau masa kanak-kanak yang sehat karena dapat masuk ke plasenta dan ASI.

Yakni, janin yang sedang berkembang tidak dapat memecah BPA dan membuatnya lebih sensitif terhadap paparan. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa paparan BPA dalam rahim akan memengaruhi ekspresi gen, yang dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan, termasuk peningkatan resiko obesitas dan penyakit metabolik. 

BACA JUGA:6 Sholawat Berikut Membuka Pintu Rezeki, Hidup Tidak akan Melarat

Paparan BPA dalam tingkat rendah juga telah dikaitkan dengan perkembangan kanker tertentu, termasuk kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar.

Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan kemasan air minum yang dikonsumsi agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan optimal.

BACA JUGA:Keluarga Harus Rukun agar Rumah Menjadi Surga, Selalu Amalkan Sholawat Ini

Apabila kemasan memiliki label BPA free menandakan bahwa produk plastik yang dijual sama sekali tidak mengandung bahan BPA. Sehingga produk yang bebas BPA dianggap paling aman karena tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut berapa cara untuk memilih air minum dalam kemasan galon yang bebas BPA, yakni:

- Pilih produk SNI

Pertama, kamu bisa memilih produk air minum galon yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Sebab, produk dengan standar tersebut biasanya telah melewati berbagai proses pengecekan sehingga dinyatakan aman untuk beredar di pasaran. 

BACA JUGA:6 Sholawat Berikut Membuka Pintu Rezeki, Hidup Tidak akan Melarat

- Pilih yang berlabel BPA free

Kemudian, pilih galon isi ulang atau produk plastik yang memiliki label bebas BPA. Apabila label tersebut tidak dicantumkan, kamu bisa melihat bagian bawah botol dan pilih produk dengan kode daur ulang 2,4,5, atau 1. 

Hindari memilih produk dengan kode daur ulang 3 dan 7 karena tidak aman untuk digunakan. 

BACA JUGA:Dukung Ekosistem Digital Government, Kanwil Kemenkumham Bengkulu Hadiri Pertemuan JDIHN dan LDCC Award 2023

- Hindari suhu panas

Kategori :