Bansos Prakerja, Bengkulu Ada 197.082 yang Terdaftar

Senin 09-01-2023,10:32 WIB
Reporter : tim
Editor : ahmad afandi

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Pemerintah kembali akan menyalurkan bansos prakerja . Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang dibuat untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap tenaga kerja Indonesia yang di-PHK maupun yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

BACA JUGA:Segera Daftar, Warga Usia 18-64 Tahun Dapat Bansos Prakerja

Mengutip dari laman Sekretariat Kabinet RI, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers secara virtual, Kamis (05/01/2022) Menyatakan pemerintah melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun 2023 dengan skema normal. Program ini menargetkan capaian hingga satu juta penerima.

BACA JUGA:Miskin Ekstrem Dapat Bansos, Ini 7 Bantuan Fantastis 2023

 “Program Kartu Prakerja ini dilanjutkan di tahun 2023 dengan skema normal. Sekali lagi, skemanya bukan semi bansos (bantuan sosial) lagi tetapi skema normal, yang diatur dalam  Perpres Nomor 113 Tahun 2022 dan pelaksanaannya oleh Permenko Perekonomian 17/2022,” ujar Airlangga.

BACA JUGA:Daftar Penerima Bansos 2023 Cek Online, Apakah Anda Termasuk

Airlangga menyampaikan, pada tahap awal dialokasikan anggaran sebesar Rp2,67 triliun untuk mencapai target sebanyak 595 ribu orang. Sedangkan untuk sisa target sebesar 405 ribu orang, pemerintah akan mengajukan tambahan kebutuhan anggaran sebesar Rp1,7 triliun.

Bengkulu

Sementara itu   berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa hingga saat ini sebanyak 197.082 warga setempat mengikuti program Kartu Prakerja.

Pengguna Kartu Prakerja di Bengkulu sebanyak 197.082 orang, dengan rincian:

1.Kabupaten Bengkulu Selatan 15.430 orang

2.Bengkulu Utara 12.762 orang.

3.Bengkulu Utara 24.624 orang.

4.Kaur 13.175 orang.

5.Kepahiang 19.267 orang.

6.Lebong 12.679 orang.

7.Mukomuko 6.594 orang.

8.Rejang Lebong 29.809 orang

9.Seluma 15.189 orang.

10.Kota Bengkulu 47.563 orang

Pemerintah berharap agar berbagai lembaga pelatihan dapat berpartisipasi menjadi bagian dalam ekosistem Prakerja dengan mengikuti sejumlah asesmen dan seleksi yag telah ditentukan.

Mengutip laman resmi @prakerja.go.id, pada bulan Desember 2022 lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian  menyatakan program bansos prakerha ini lebih diarahkan kepada masyakat usia produktif yaitu 18-64 tahun.

BACA JUGA:6 Bansos yang akan Disalurkan 2023, BSU Dapat Lagi?

Mekanisme pendaftaran Kartu Pra Kerja di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi dan Kabupaten adalah sebagai berikut:

 

1.Arahkan peserta pendaftaran ke meja yang telah disiapkan.

 

2.Tanyakan pada peserta apakah peserta sudah memiliki email atau belum. Jika belum, bantu peserta dalam membuat email. Ikuti petunjuk tata cara pembuatan email.

 

3.Arahkan peserta untuk mengunjungi situs  www.prakerja.go.id dan bantu peserta mendaftar akun Kartu Prakerja.

 

4.Minta peserta tidak mengubah nomor HP selama 6 bulan ke depan karena insentif terakhir akan diberikan pada akhir bulan ke-6.

 

5.Setelah peserta memiliki akun Kartu Prakerja, arahkan peserta untuk mencatat username dan password. Instruksikan peserta untuk menjaga username dan password dengan baik. Username dan password tidak boleh diberikan kepada orang lain atau disimpan orang lain, termasuk petugas.

 

6.Bantu peserta pada saat sesi foto KTP dan foto selfie dengan KTP. Pastikan peserta berfoto sesuai dengan ketentuan.

 

7.Berikan kertas HVS A4 dan alat tulis kepada peserta pada saat tes tertulis.

 

8.Setelah peserta dinyatakan lolos tes seleksi tertulis, bantu peserta dalam memilih batch atau gelombang pendaftaran Kartu Prakerja.

 

9.Setelah memilih batch infomasikan kepada peserta bahwa pengumuman tes seleksi dapat dilihat di email peserta dan pembelian kursus/pelatihan dan pelaksanaan pelatihan bisa dilakukan mulai 17 April 2020.

 

10.Pendamping teknis  wajib menghapus file foto eKTP dan foto selfie peserta dengan KTPnya setelah peserta selesai melakukan proses pendaftaran.

 

11.Jika saat proses pendaftaran terdapat kendala atau masalah, hubungi customer care Kartu Prakerja di:

Hotline Customer Care   : 021-2554146

Kirim Email                   : info@prakerja.go.id

Jam Operasional            : Senin-Jumat 08.00-19.00

 

12.Staf yang bertugas maksimal hanya 2 (dua) orang per hari.

 

13.Pastikan ruang/lokasi pendaftaran terpisah dengan ruangan/lokasi pelatihan.

 

14.Pastikan meja, kursi, lampu, dan perabotan pendukung lainnya tersedia dan dapat digunakan.

 

15.Persiapkan Alat Tulis Kantor (ATK) seperti kertas HVS A4, pulpen, gunting, lem kertas, dan lainnya.

 

16.Persiapkan larutan antiseptik untuk tangan (hand sanitizer) dan disinfektan. Juga tempat cuci tangan dengan air dan sabun.

 

17.Persiapkan thermometer tembak untuk mengukur suhu. 

 

18.Pastikan peralatan elektronik (roll kabel, stop kontak, printer dan lain-lain tersedia dan dapat digunakan.

 

19.Pastikan laptop, computer, tablet HP  yang memiliki kamera dapat digunakan dengan baik dan terhubung dengan jaringan internet yang stabil

 

20.Pastikan laptop, computer, tablet, HP sudah terinstall dengan web browser terupdate.

 

21.Pisahkan laptop, computer, tablet, HP yang akan digunakan untuk pendaftaran dan pelatihan.

 

22.Buat form jam layanan yang isinya: hari dan jam layanan. Cetak dan tempelkan pada pintu masuk ruangan pendaftaran dan pelatihan.

 

23.Unduh tata cara pembuatan email  www.prakerja.go.id, kemudian cetak dokumen tersebut dan tempelkan pada meja khusus untuk melakukan pendaftaran.

 

24.Unduh tata cara pendaftaran akun Kartu Prakerja di  www.prakerja.go.id, kemudian cetak dokumen tersebut dan tempelkan pada meja khusus untuk melakukan pendaftaran.

 

25.Bila menggunakan desktop, siapkan g-drive umum yang secure untuk tempat menampung foto eKTP dan swafoto peserta.

 

26.Pastikan di setiap meja pendaftaran terdapat 1(satu)   laptop/computer/tablet/HP, hand sanitizer, kertas HVS A4, alat tulis, tata cara pembuatan email, dan tata cara pendaftaran Kartu Prakerja. Khusus tata cara pembuatan email dan pendaftaran Kartu Prakerja harap sudah dulaminating dan ditempel disetiap meja, sehingga mudah dibersihkan dan tidak mudah rusak.

 

27.Atur tata letak meja dan kursi antara peserta sesuai dengan kaidaj physical distancing minimum jarak 1 meter (samping, depan, belakang, antara 1 meja dengan yang lainnya). Hal ini sesuai dengan anjuran pencegahan penyebaran virus corona.

 

28.Menyediakan petugas yang berjaga disetiap ruangan pendaftaran dan pelatihan dalam rangka mengantisipasi pertanyaan dan masalah teknis dari peserta.

 

29.Bila terjadi antrian, atur alur antrian peserta pendaftaran dan pelatihan dengan jarak minimal 1 meter dengan menggunakan batas sendiri.

 

30.Setiap orang yang masuk ke ruangan pendaftaran wajib diukir suhu badannya dengan menggunakan thermometer tembak. Jika suhu badan orang tersebut melebihi 37.5° maka orang tersebut tidak diperbolehkan masuk. Hal ini berlaku bagi peserta pendaftaran dan petugas pendaftaran

 

31.Peserta pendaftaran dan pelatihan wajib menggunakan masker, demikian juga dengan petugas.

 

32.Membersihkan keyboard computer, meja, alat tulis, serta kertas tata cara pembuatan email dan tata cara pendaftaran dengan cairan disinfektan setiap penggantian peserta.

 

(Tim)

 

 

Kategori :