Begini Panduan Memelihara dan Merawat Ayam Kate Buat Pemula

Sabtu 02-12-2023,19:03 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ayam kate, atau sering disebut juga dengan ayam katek, merupakan salah satu jenis unggas yang cukup populer di kalangan peternak pemula. Ayam kate memiliki banyak kelebihan, seperti ukurannya yang kecil, perawatannya yang relatif mudah, serta manfaatnya yang dapat menjadi hobi atau sumber pendapatan tambahan. 

Ayam kate ini adalah salah satu jenis ayam kategori hias yang sangat popular di dunia. Ayam ini masuk dalam kategori ayam hias karena postur tubuh yang jauh lebih pendek dan kecil pada umumnya. 

BACA JUGA:Alasan Kenapa Kepala Ayam jadi Sumber Inspirasi Stabilizer Kamera Mahal dan Mercedes Benz

Ayam ini juga di klaim sebagai ayam terkecil di dunia, ayam kate memiliki penampilan yang sangat menarik, suara yang merdu serta produktivitas telur yang tinggi. Sehingga selain cocok dibudidayakan sebagai hobi ataupun untuk menghasilkan uang, pembudidaya ini akan menghasilkan keuntungan yang besar jika anda dapat mengolahnya dengan benar.

Perawatan ayam kate ini sebenarnya tidak sulit. Merawat ayam kate sama saja dengan merawat ayam jenis lain pada umumnya.  Untuk membudidayakan ayam ini, anda membutuhkan kandang serta pakan. Seperti halnya ayam pada umumnya, ayam kate lebih suka ditempatkan di kandang yang dimana mereka bisa leluasa bergerak dengan leluasa. 

BACA JUGA:Ayam Langkah dan Eksotis, Ada 9 Khasiat, Ternyata Minyak Ayam Cemani Mampu Sembuhkan Luka Dalam

Dan untuk pakannya anda dapat menggunakan pakan yang memiliki kandungan protein tinggi supaya produksi telurnya juga tinggi. Lalu apa saja tahap yang harus anda lakukan untuk memulai memelihara ayam kate ini? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara merawat ayam kate bagi pemula

1. Pemilihan Kandang yang Tepat

Pertama-tama, Anda perlu memilih kandang yang sesuai untuk ayam kate. Usahakan agar kandang memiliki ukuran yang cukup besar agar ayam dapat bergerak dengan leluasa. Pastikan kandang tersebut juga memiliki ventilasi yang baik serta perlindungan dari hama atau predator.

2. Pemberian Makanan yang Seimbang

Seperti halnya hewan lainnya, pemberian makanan yang seimbang sangat berpengaruh dan penting bagi kualitas dari ayam kate itu tersendiri. berikan mereka pakan yang mengandung banyak nutrisi, seperti biji-bijian, dedak dan protein seperti cacing atau jangkrik. Pastikan air minum mereka tetap bersih dan segar. 

Selain beberapa makanan tersebut, anda juga bisa memberikan makanan lain seperti sayur-sayuran serta buah-buahan segar. Diantaranya seperti bayam, labu dan semangka. Ayam kate juga bisa diberi padi maupun beras merah sebagai makanannya.

BACA JUGA:Ini Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan, Banyak-banyak Makan Daging Ayam

3. Perawatan anak ayam

untuk merawat anak ayam kate yang baru menetas.  Anda harus merawatnya dengan perlakuan khusus, berikut beberapa penjelasannya:

Kategori :