Begini Panduan Memelihara dan Merawat Ayam Kate Buat Pemula

Sabtu 02-12-2023,19:03 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

• Anak ayam yang baru menetas dapat dipindahkan ke kotak atau kandang yang telah dilengkapi dengan penghangat buatan sendiri, seperti menggunakan bohlam listrik maupun lampu dari minyak tanah. Pastikan kendang tetap hangat.

• Berikan pakan setiap hari. dalam porsi secukupnya saja, tambahkan kalau pakan sudah mulai habis. Makanan yang diberikan pada anak ayam kate adalah BR murni atau voer.

• Jangan lupa sediakan air minum yang sudah dicampur dengan suplemen tambahan agar anak ayam tetap sehat.

• Biarkan anak ayam tetap didalam kotak selama 6 minggu, sebelum dipindahkan ke kandang yang lebih besar. Anda dapat memindahkanya ketika sudah berumur 3 bulan.

• Pasitkan anak ayam mendapatkan sinar matahari, agar pertumbuhan nya tetap sehat dan berkualitas.

BACA JUGA:Suka Memelihara Ayam Jago? Ini Jenis Katuranggan Ayam Bangkok yang Membawa Keberuntungan

4. Rutin Memberikan Perawatan

Ayam kate juga membutuhkan perawatan yang rutin agar kesehatannya tetap terjaga dan tidak gampang sakit. Buatlah jadwal untuk membersihkan kandang, merapikan sarang ayam, dan memeriksa kesehatan mereka secara berkala agar ayam tidak terjangkit bakteri atau virus berbahaya. Jika diperlukan, Anda juga dapat memberikan vaksinasi atau pengobatan yang disarankan.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan dari kandang ayam kate merupakan kunci utama yang harus anda perhatikan, kendang harus tetap bersih agar terhindar dari penyakit dan infeksi. Bersihkan kotoran secara rutin dan pastikan kandang selalu kering dan tidak lembab. Anda juga dapat menggunakan bahan alami atau disinfektan yang aman untuk membersihkan kandang.

BACA JUGA:Hati-hati Ayam Berkokok Malam Hari, Ada Kepercayaan Itu Tanda Mahluk Halus

6. Perhatikan Kesehatan Ayam Kate

Selalu perhatikan kondisi kesehatan ayam kate. Amati apakah ayam kate anda memperlihatkan adanya tanda-tanda penyakit seperti bulu rontok, kehilangan nafsu makan, atau perubahan perilaku. Jika Anda merasa ada yang tidak beres, segera konsultasikan dengan dokter hewan atau peternak berpengalaman untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat agar tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

7. Pelatihan dan Sosialisasi

Ayam kate bisa dilatih untuk menjadi lebih jinak dan mudah diatur. Lakukan pelatihan sederhana, seperti memberikan makanan dari tangan Anda atau mengajari mereka perintah dasar. Selain itu, berikan waktu bagi ayam kate untuk berinteraksi dengan sesamanya agar mereka dapat belajar dan beradaptasi dengan baik sehingga menciptakan lingkungan yang sehat bagi ayam dan membuat mereka menghasilkan telur yang lebih banyak.

Memulai peternakan ayam kate bagi pemula bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan untuk anda, selain bisa menjadi hoby anda juga dapat menghasilkan uang dengan berternak ayam kate ini. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat merawat ayam kate dengan baik dan memanfaatkan manfaat yang mereka berikan. Tetap konsisten, selalu berusaha, anda juga dapat belajar dan berkonsultasi dengan ahlinya agar meendapatkan ilmu yang lebih tepat.

Kategori :