Bahaya, Mesin Cuci Bisa Nyetrum, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Minggu 03-12-2023,11:00 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Usia Muda Rupanya Rentan Stres, Begini Cara Mengatasinya Ala Dr Zaidul Akbar

5. Dinamo Motor

Bagian ini berfungsi sebagai penggerak mesin cuci, wajar jika di dinamo motor ini akan kepanasan kemudian terbakar karena sering digunakan. Selain itu hal ini juga sering ditandai dengan adanya bau gosong yang muncul pada mesin cuci. Akibatnya, hal ini bisa membuat korsleting listrik dan dapat menyebabkan sengatan listrik jika badan mesin cuci tersentuh.

Mesin cuci yang nyetrum memang kerap sekali terjadi, beberapa penjelasan di atas merupakan salah satu penyebab mesin cuci yang dapat menimbulkan semangat disentuh. Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah ini ada baiknya untuk melakukan tindakan yang tepat.

 

Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Benar

Mengetahui cara membersihkan mesin cuci cukup penting agar benda tersebut awet hingga bertahun-tahun. Selain itu, mesin cuci yang tidak dibersihkan justru bisa membuat pakaian kotor.

Membersihkan mesin cuci bisa mencegah penumpukan kotoran, jamur, sisa deterjen hingga endapan mineral dari air yang digunakan. Sebagai informasi, mesin cuci yang memiliki pintu di bagian atas harus dibersihkan setidaknya 2 kali dalam setahun.

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Menghilangkan Komedo dengan Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Apabila kamu tinggal di daerah dengan air sadah, maka kamu harus membersihkannya setiap 3 bulan sekali untuk mencegah adanya endapan mineral. Sementara itu, jika kamu menggunakan mesin cuci dengan pintu depan harus membersihkannya setiap bulan.

Mesin cuci harus lebih sering dibersihkan apabila pakaian yang dicuci sangat kotor atau kamu tinggal di daerah yang panas dan lembab di mana jamur akan lebih sering menjadi masalah. Selain membersihkan tabung mesin cuci, setiap dispenser atau tempat menaruh sabun juga harus dibersihkan setiap 4-6 minggu sekali agar tetap berfungsi dengan baik. Lantas bagaimana cara membersihkan mesin cuci?

Bahan yang Dibutuhkan

1. Untuk mesin cuci pintu atas

- 1 liter pemutih klorin

2. Untuk mesin cuci pintu depan

- 1/2 cangkir pemutih klorin

Kategori :