Tas Kulit Kesayangan Anda Jamuran, Ini Rahasia Menjaga Tas Kulit Supaya Awet Tak Termakan Usia

Minggu 03-12-2023,23:44 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Hindari tempat yang lembab jika ingin menyimpan tas yang berbahan kulit. Jika tas terkena air maka secepat mungkin harus dikeringkan kembali karena dapat memberikan efek yang buruk untuk tas, bahan kulit pada tas dapat mengelupas, berjamur, hingga berujung pada kerusakan. 

3. Gunakan dustbag untuk menyimpan tas

Tempat menyimpan tas kulit memang harus lebih diperhatikan dibanding dengan tas yang lain. Sebisa mungkin simpan tas pada tempat yang kering dan gunakan selalu dustbag agar mencegah kotoran menempel langsung pada tas yang nantinya akan susah jika ingin dibersihkan.

Hal lain yang perlu dihindari juga adalah menumpuk tas pada satu tempat, karena dapat membentuk lipatan pada tas bahkan bisa merubah bentuk aslinya. 

BACA JUGA:Bersihkan Komedo di Wajah dengan Lidah Buaya, Komedo Hilang Plus Kulit Wajah Jadi Lebih Putih

4. Bersihkan secara rutin

Ada beberapa cara untuk membersihkan tas berbahan kulit. Salah satunya dengan cara membersihkannya menggunakan air hangat dan sabun bayi yang dioleskan langsung pada bagian tas yang kotor.

Namun, jika dirasa tas masih kotor dan terlihat kurang bersih maka kamu bisa gunakan alkohol, dengan cara tuangkan cairan alkohol ke kain dan usapkan secara perlahan ke bagian tas yang kotor pasalnya alkohol juga dapat berfungsi untuk mengangkat sisa sabun yang masih menempel pada tas.

5. Bersihkan tas dengan lembut

Jika tas kulit terkena noda atau kotoran, segera bersihkan dengan lembut. Gunakan kain lembut yang sedikit lembab untuk menghapus noda, hindari menggunakan air berlebihan atau deterjen yang keras, karena dapat merusak lapisan kulit. Setelah dibersihkan, keringkan dengan handuk kering dan biarkan tas mengering secara alami di tempat yang sejuk dan ventilasi yang baik, hindari mengeringkan tas dengan cara dijemur dibawah sinar matahari.

6. Gunakan silica gel di dalam tas

Jika takut tempat yang dijadikan penyimpanan tas lembab dan bisa menyebabkan pertumbuhan jamur, maka bisa gunakan silica gel yang disimpan dalam tas agar tas tetap lebih awet dan terjaga dari kerusakan akibat jamur.

BACA JUGA:6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Salah Satunya Ampuh Menghilangkan Komedo

Sebernarnya, apa pun jenis bahan tas yang digunakan, cara merawatnya hampir sama. Perawatan penting dilakukan supaya tas tetap awet dan terhindar dari jamur.

(Putri Nurhidayati)

Kategori :