8 Trik Sederhana agar Magic Com Kinclong Seperti Baru, Serta Tidak Bau dan Berkerak

Senin 04-12-2023,19:34 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan kembali bagian penutupnya sebelum dipasang agar tidak lembab  dan tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur.  Selain itu, bagian penutup yang basah juga dapat memengaruhi kualitas nasi yang dimasak.

BACA JUGA:Begini Cara Merawat Tas Berbahan Kanvas yang Benar, Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

- Bersihkan bagian katup uap

Katup uap merupakan bagian pada magic com yang berfungsi untuk mengatur tekanan dan suhu serta mengontrol pelepasan uap yang dihasilkan selama proses memasak nasi.  Biasanya bagian katup ini sering tersumbat oleh sisa-sisa nasi atau uap yang mengumpul dan mengerak.

Jika dibiarkan, katup uap bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan dapat mempengaruhi proses memasak nasi.  Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuka bagian katup uap pada magic com dan membersihkannya.

Gunakan air hangat dan bantuan alat seperti sikat atau tusuk gigi untuk membersihkan bagian katup uap agar kebersihan magic com tetap terjaga dan dapat berfungsi secara optimal.

- Gunakan sitrun, cuka, atau baking powder

Untuk membersihkan magic com biasanya hanya menggunakan air hangat ataupun sabun cuci piring.  Namun jika ada noda membandel yang susah dibersihkan, gunakanlah sitrun, cuka, atau baking powder.

Caranya pun mudah, cukup campurkan sitrun, cuka, atau baking powder dengan air hangat kemudian gosok-gosok ke bagian noda yang sulit dibersihkan.  Sitrun dan cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan noda dan bau tidak sedap yang melekat pada magic com.

Sementara baking powder dapat membantu menghilangkan kerak yang terbentuk pada magic com. Namun perlu diperhatikan saat membersihkan magic com dengan menggunakan ketiga bahan ini.  Sebaiknya gunakanlah sarung tangan jika kalian memiliki kulit yang sensitif dan rentan terhadap iritasi.

BACA JUGA:16 Menu Lokal Masakan Nusantara Berikut, Dijamin Buat Perayaan Natal Makin Penuh Kasih

- Gunakan Lap atau Kain

Saat membersihkan magic com, gunakanlah dua buah lap kain untuk menggosok dan mengeringkan. Saat  membersihkan noda dan kotoran pada magic com dengan air hangat, sabun, atau campuran bahan lain, gunakanlah lap untuk menggosoknya.

Peraslah lap tersebut hingga lembab kemudian baru gosokkan ke bagian yang ingin dibersihkan.  Setelah bersih, lap kembali bagian yang sudah dibersihkan dengan lap yang kering untuk mengeringkannya.

Penggunaan lap kain untuk membersihkan magic com merupakan pilihan yang baik karena kain tidak akan merusak permukaan atau bagian dalam magic com ketika digosokkan.  Selain itu, lap kain juga dapat digunakan berulang kali sehingga lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

- Gunakan sikat dan tusuk gigi

Kategori :