Mau Pasang Panel Surya Dirumah, Kenali Dulu 4 Jenis Panel Surya Ini, Sekaligus Perbedaan Jenis dan Harganya

Rabu 20-12-2023,18:10 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Syarat Gampang, Perusahaan Pembangkit Listrik Buka Lowongan Kerja, Cukup Kirim CV Melalui Email

4. Panel Surya Triple Junction Photovoltaic 

Dan panel surya terakhir adalah jenis Triple Junction Photovoltaic, panel surya ini memiliki tiga lapisan sebagai komponennya. Teknologi panel surya yang canggih ini mendukung kinerja panel menjadi lebih baik, walaupun tidak cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Karena, jenis panel surya ini sebenarnya dirancang untuk penggunaan di luar angkasa. Karena itu, kemampuan dan efisiensi panel ini sangatlah tinggi. Panel ini mampu menghasilkan daya listrik hingga 45%, angkanya jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis panel surya lainnya. Namun, perlu diingat bahwa panel surya ini biasanya memiliki bobot yang cukup berat dan juga cenderung mudah rapuh dibandingkan dengan teknologi panel surya lainnya.

BACA JUGA:Sudah Diterapkan di Berbagai Daerah, Ini Kelebihan Smart Meter AMI Pengganti Meteran Listrik Konvensional

Perbedaan Pada Setiap Jenis Panel Surya

Setelah mengenal berbagai macam panel surya, pastinya kamu jadi bingung untuk memilih jenis panel terbaik untuk bangunanmu. Sebelum tahu panel surya mana yang paling cocok untukmu, yuk simak dulu perbedaannya!

1. Jenis Bahan Sel Surya

Panel monocrystalline memiliki jenis sel surya tunggal atau mono yang terbuat dari silikon, sementara panel polycrystalline terbuat dari silikon dengan banyak kristal. Selanjutnya, komponen thin film triple junction photovoltaic dan thin film solar cell terbuat dari silikon yang dicampur dengan beberapa bahan pembuat sel surya lainnya.

BACA JUGA:Pakai Smart Meter AMI Bisa Cek Tagihan Listrik Secara Real Time, Berikut Keunggulannya

2. Estetika dan Efisiensi

Dalam hal warna, keempat jenis panel ini memiliki perbedaan. Panel Monocrystalline berwarna hitam, sementara panel Polycrystalline berwarna biru. Panel Thin film memiliki warna hitam, dan dari segi estetika, panel ini lebih tipis dan sangat fleksibel. 

Panel Triple junction juga menarik secara estetika karena memiliki dua pilihan warna, yaitu hitam dan biru. Dalam hal efisiensi, panel Monocrystalline memiliki kinerja yang lebih baik dalam kondisi suhu tinggi dan cahaya teduh. 

Di sisi lain, panel Polycrystalline sedikit kurang efisien saat berada dalam suhu yang lebih tinggi. Panel Thin film memiliki efisiensi yang lebih rendah, yaitu sekitar 11% saja.  Namun, pada panel Triple junction, memiliki efisiensi yang paling tinggi karena terdiri dari tiga lapisan, bahkan mencapai efisiensi 45%. 

BACA JUGA:Smart Meter AMI Bakal Jadi Pengganti Meteran Listrik Konvensional, Apakah Tagihan Berubah?

3. Harga

Kategori :