Kelebihan dan Kekurangan Ban Biasa vs Ban Tubeless, Kamu Pilih yang Mana

Selasa 26-12-2023,09:28 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Untuk aspek kenyamanan, kedua jenis ban tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika ban jenis tubeless terkenal lebih nyaman dan enteng untuk digunakan, namun lemah pada medan licin dan hujan.  Sedangkan, ban jenis biasa lebih tahan terhadap kondisi cuaca yang basah dan licin. Namun, untuk pemakaian sehari-hari, ban jenis biasa lebih berat dan tentu tidak seenteng ban jenis tubeless. Maka dari itu, pada aspek ini kedua jenis ban memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BACA JUGA:Motor Listrik Honda EM1 e Rilis Tahun 2024, Cek Spesifikasi dan Harganya

5. Cara Perawatan Ban

Aspek terakhir adalah mengenai cara perawatan ban, yang mana banyak masyarakat sepakat bahwa ban jenis tubeless lebih mudah untuk perawatannya. Hal ini dilihat dari daya tahan dan juga cara mengatasi ketika ban bocor atau terkena benda tajam seperti paku di jalan.

BACA JUGA:Suzuki V-Storm 250 SX ,Varian Trail dari Suzuki yang Nyaris Sempurna untuk 3 Mode Berkendara

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan ban biasa yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan :

Ban Tubeless

Kelebihan:

  • Tidak memerlukan inner tube: Ban tubeless memiliki kelebihan tidak memerlukan inner tube karena dirancang untuk menahan tekanan udara langsung. Dengan demikian, risiko kebocoran akibat kerusakan pada inner tube dapat diminimalisir.
  • Kemampuan menahan kebocoran yang lebih baik: Dalam kasus kebocoran, ban tubeless memiliki kemampuan untuk menahan udara lebih lama dibandingkan dengan ban biasa. Dengan demikian, pengemudi memiliki waktu yang lebih lama untuk mencari bantuan atau perbaikan.
  • Performa yang lebih baik: Ban tubeless dirancang dengan teknologi yang lebih modern, sehingga mampu memberikan performa yang lebih baik dalam hal traksi dan handling. Ban tubeless juga memiliki daya cengkram yang lebih baik terhadap permukaan jalan, sehingga dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Kekurangan:

  • Harga yang lebih mahal: Ban tubeless biasanya lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa karena desainnya yang lebih kompleks dan teknologinya yang lebih modern.
  • Memerlukan keahlian khusus untuk perbaikan: Jika terjadi kerusakan pada ban tubeless, perbaikan cenderung lebih sulit dan memerlukan keahlian khusus, karena bagian dalam ban dirancang untuk menahan tekanan udara langsung.
  • Berat yang lebih: Ban tubeless biasanya lebih berat dibandingkan dengan ban biasa karena desainnya yang lebih kompleks dan lebih tebal untuk menahan tekanan udara langsung. Hal ini dapat mempengaruhi performa kendaraan dalam hal akselerasi dan konsumsi bahan bakar.

BACA JUGA:Digandrungi Kawula Muda, Yamaha Mio M3 125 2024 Siap Mengaspal dengan Tampilan Baru dan Sporty

Ban Biasa

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan ban biasa:

Kelebihan :

  • Harga yang lebih murah: Kelebihan Ban biasa umumnya lebih murah dibandingkan dengan ban tubeless, sehingga cocok bagi mereka yang ingin menghemat biaya dalam perawatan kendaraan.
  • Perbaikan yang lebih mudah: Kelebihan ban biasa selanjutnya adalah perbaikan pada ban biasa cenderung lebih mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, karena ban biasa menggunakan inner tube yang dapat diganti dengan mudah jika terjadi kerusakan.
  • Ringan: Ban biasa umumnya lebih ringan dibandingkan dengan ban tubeless, sehingga dapat membantu meningkatkan performa kendaraan dalam hal akselerasi dan konsumsi bahan bakar.

Kekurangan Ban Biasa:

  • Risiko kebocoran yang lebih tinggi: Ban biasa memiliki risiko kebocoran yang lebih tinggi dibandingkan dengan ban tubeless, karena menggunakan inner tube yang rentan terhadap tusukan atau kerusakan lainnya.
  • Performa yang lebih rendah: Ban biasa umumnya tidak sekuat ban tubeless dalam hal traksi dan handling, sehingga dapat mengurangi keselamatan dalam berkendara.
  • Lebih rentan terhadap panas: Ban biasa lebih rentan terhadap panas, terutama pada saat berkendara dalam jarak yang jauh atau pada kondisi jalan yang terik. Hal ini dapat menyebabkan keausan pada ban dan memperpendek umur pakainya.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Yamaha All New R15 ABS 2024, Tampil Lebih Ganas

Ban jenis biasa sedikit lebih repot untuk perawatan karena aspek daya tahan dan juga tidak mudah untuk membetulkannya ketika terkena benda tajam dan sebagainya. Namun, persamaan keduanya adalah sama-sama akan cepat aus apabila pemakaian kendaraan secara agresif.

Kategori :