Komedo Hitam Bikin Tidak Nyaman, Ternyata Ini Biang Keladinya

Selasa 02-01-2024,09:19 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMKomedo hitam bikin tidak nyaman, ternyata ini biang keladinya. Komedo hitam adalah salah satu jenis masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang. 

Meskipun ukurannya kecil, komedo hitam dapat mencuri perhatian dan menjadi sumber frustrasi bagi banyak individu. Lalu apa sih sebenarnya komedi hitam ini? Artikel ini akan mengupas tentang komedo hitam. 

Apa Itu Komedo Hitam 

Jerawat hitam atau blackheads merupakan benjolan kecil yang terbentuk di kulit akibat follicle rambut yang tersumbat. Komedo hitam ini sering ditemukan dan dapat menjadi cikal bakal jerawat loh sobat camkoha jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. 

BACA JUGA:Pemerintah Kembali Buka Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Bagaimana Nasib Honorer?

Biasanya, area hidung menjadi tempat favorit bagi jerawat satu ini untuk timbul. Selain pada wajah, blackheads juga bisa muncul di bagian lain tubuh seperti punggung, dada, leher, dan lengan. Ngeselin banget ya!

Meskipun termasuk jenis jerawat ringan, blackheads tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan pada kulit. Namun, kehadirannya tetap mengganggu penampilan.

Apakah Kondisi Ini Umum?

Komedo adalah hal yang lumrah dan bisa dialami oleh siapa pun, ya sobat camkoha. Terutama remaja yang sedang mengalami pubertas. Jadi kamu nggak perlu panik.

Selain itu, orang dengan jenis kulit yang cenderung berminyak dan memiliki pori-pori yang besar lebih rentan mengalami masalah ini. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pemilik kulit kering juga dapat mengalami komedo hitam ini. 

BACA JUGA:Cek Bansos 2024, Ada Bansos PKH Rp750 Ribu Mulai Disalurkan Bulan Ini, Cek Jadwal dan Nama Penerima

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mengurangi risikonya. Jika diperlukan, sebaiknya diskusikan dengan dokter kulit pribadi sobat camkoha untuk informasi lebih lanjut mengenai penanganan yang tepat.

Tanda dan Gejala Komedo Hitam

Secara umum, komedo hitam ini memiliki ciri-ciri benjolan kecil berwarna gelap yang muncul di permukaan kulit, ya. Komedo tersebut biasanya membuat kulit terasa sedikit kasar karena teksturnya yang agak menonjol, meskipun lebih datar daripada jerawat. 

Berbeda dengan jerawat, komedo tidak menyebabkan peradangan atau rasa sakit, walaupun begitu komedo hitam ini benar-benar dapat mengganggu penampilan sobat camkoha.

Kategori :