Komedo Hitam Bikin Tidak Nyaman, Ternyata Ini Biang Keladinya

Selasa 02-01-2024,09:19 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Jadwal Terbaru Libur Nasional serta Cuti Bersama PNS dan PPPK 2024

Penyebab Komedo Hitam

Komedo pada dasarnya memiliki penyebab yang sama dengan jerawat, loh. Hal ini terjadi karena kantong kelenjar rambut di kulit tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih. 

Secara umum, setiap kantong kelenjar ini memiliki satu rambut dan kelenjar sebaceous yang bertugas menghasilkan minyak. 

Nah, fungsi minyak ini adalah menjaga kelembapan kulit. Namun, ketika produksi minyak berlebihan dan bersatu dengan sel kulit yang menumpuk, keduanya dapat menyumbat pori-pori kulit wajah sobat camkoha. 

Akibat sumbatan ini, timbulah tonjolan di permukaan kulit yang berwarna kehitaman karena terpapar udara di sekitarnya. 

Cara Mengatasi Komedo Hitam

Sebelum sobat camkoha mengatasi komedo hitam, hal pertama yang harus kamu ingat adalah jangan pernah memencet atau mengeluarkannya dengan paksa, ya. 

BACA JUGA:Bikin Senyum, Ini Gaji PNS 2024 Golongan I II III dan IV Setelah Kenaikan, Terima Hingga Rp 6,3 Juta

Sebab, jika sobat camkoha memaksa memencet komedo hitam, bukannya menyembuhkannya, malah bisa menimbulkan peradangan dan bahkan memperburuk kondisi kulit, loh. Serem banget kan!

Hal ini karena, mengingat tangan kita terdapat banyak bakteri dan kotoran, yang bisa saja berpindah saat kita memencet atau mengeluarkan komedo hitam dengan paksa. Namun tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi komedo hitam:

1. Menggunakan produk yang mengandung asam salisilat

Ketika membeli produk perawatan kulit, sobat camkoha disarankan untuk memilih produk yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) ya. Ini adalah kandungan yang ramah untuk membersihkan sel kulit mati dan minyak berlebih, sehingga memudahkan penghilangan komedo hitam.

2. Menggunakan krim retinoid

Selain membeli produk yang mengandung asam salisilat. Sobat camkoha juga bisa menggunakan Krim atau losion yang mengandung retinoid, yaitu vitamin A. krim ini dapat membantu membuka pori-pori dan merangsang regenerasi kulit kamu loh. 

BACA JUGA:Tabel Gaji PNS 2024 yang Resmi Berlaku Per 1 Januari 2024, Lengkap Untuk Semua Golongan

Kategori :