5 Keutamaan Puasa Rajab Bagi Umat Muslim yang Mengamalkan Puasa Sunah Ini

Minggu 14-01-2024,23:40 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ternyata ada keutamaan puasa 1 rajab yang jarang diketahui orang loh sobat camkoha. Puasa merupakan salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain puasa wajib pada bulan Ramadan, terdapat juga puasa sunnah yang dapat dilakukan sepanjang tahun, salah satunya adalah puasa Rajab.

BACA JUGA:Rincian Angsuran KUR BRI 2024 Pinjaman Rp 45-65 Juta Selisihnya Cuma Segini, Silakan Cek

P uasa Rajab memiliki keutamaan tersendiri yang perlu kita ketahui dan pahami. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keutamaan puasa Rajab. 

Keutamaan Menjalankan Puasa Rajab

1. Dijauhkan dari Neraka

Keutamaan puasa rajab yang pertama adalah dijauhkanya dari api neraka. Nah, jika kamu mengamalkan puasa ini, maka kamu insya allah akan dijauhkan dari api neraka. Imam Musa bin Ja'far AS pernah berkata,

"Barangsiapa puasa sehari saja di bulan Rajab, ia akan terjauhkan dari neraka selama satu tahun. Barangsiapa puasa tiga hari, ia berhak mendapatkan surga."

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Ada Bunga di Bawah 1 Persen, Syaratnya Cukup Lengkapi 4 Dokumen Berikut

2. Setara Puasa Sebulan

Keutamaan puasa rajab yang kedua adalah setara dengan puasa satu bulan penuh. Jika kamu mengamalkan puasa ini, maka itu sudah setara dengan satu bulan. Menurut hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani, dengan melaksanakan puasa Rajab, maka itu telah setara dengan puasa selama satu bulan penuh.

BACA JUGA:Serba-serbi KUR BCA 2024, Nikmati Plafon hingga Rp500 Juta, Ada Pinjaman tanpa Jaminan

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari, maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam."

"Bila puasa 8 hari, maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” HR.At-Thabrani.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Ini 9 Dokumen pengajuan KUR Mandiri 2024, Ada KTP dan Rekening Listrik

3. Dicatat Amalnya selama 60 Bulan

Kategori :