5 Keutamaan Puasa Rajab Bagi Umat Muslim yang Mengamalkan Puasa Sunah Ini

Minggu 14-01-2024,23:40 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

Keutamaan puasa rajab berikutnya adalah dicatatnya amal selama 60 bulan. Nah, jika kamu melaksakan amalan puasa rajab. Maka amalanya akan di catat selama 60 bulan. Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, jika seseorang telah melaksanakan puasa pada 27 Rajab, maka amal yang akan dicatat Allah SWT setara dengan amalan selama 60 bulan.

BACA JUGA:Dana Rp 165 T KUR BRI 2024 Disebar, Perhatikan Syarat Pengajuan Rp 150 Lewat Online Cair Tanpa Lama

Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Hurairah.

BACA JUGA:Discovering Cultural Riches, Top Destinations to Explore in Yogyakarta

4. Lebih Utama Ketimbang Puasa Bulan Lain

Keutamaan puasa 1 rajab yang selanjutnya adalah lebih utama dari puasa bulan lainnya. Tahukah kamu, bahwa puasa rajab itu lebih utama dari puasa bulan lainnya. Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selain-nya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram."

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk kamu mengamalkan puasa ini, agar dapat mendekatkan diri pada yang maha kuasa.

BACA JUGA:Simulasi Cicilan KUR BCA 2024 Pinjaman Rp 50 Juta, Pakai Cara Ini Pengajuan Dijamin Lolos

5. Diganjar Surga

Keutamaan puasa rajab yang terakhir adalah di ganjar surga. Seperti amalan lainnya, puasa rajab juga mendatangkan pahala bagi mereka yang menjalaninya. Namun, keistimewaan puasa rajab ini adalah diganjarnya surga bagi mereka yang mengamalkanya. Dalam sebuah hadits menyebutkan:

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut."

BACA JUGA:Pendek dan Mudah Diamalkan, Perbanyak Amal dengan Lakukan Dzikir ini di Bulan Rajab

Nah, itulah keutaman dari puasa di bulan rajab yang insya allah akan kamu dapatkan jika kamu mengamalkanya. Jika kamu ragu, sangat disarankan untuk kamu mencari informasi lebih details dan akurat dengan berkonsultasi pada ahli agama untuk mendapatkan jawaban yang lebih valid dan tepat.

BACA JUGA:Simulasi Cicilan KUR BNI 2024 Pinjaman Rp30 Juta, Proses 3 Hari Langsung Cair

Kalender Bulan Rajab 1445 H/2024 M

Kategori :