Perhatikan 5 Tanda Demam Berdarah Mulai Sembuh, Cegah Terjangkit Kembali dengan Berantas Nyamuk

Kamis 29-02-2024,09:31 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang Tanpa Jaminan di Bank Mandiri 2024, Rp20 Juta Langsung Cair ke Rekening

Sementara itu, DBD tidak selalu menimbulkan gejala-gejala yang signifikan, namun beberapa gejala hampir mirip dengan penyakit flu.

Suhu badan tinggi, merasa pusing, nyeri otot dan sendi, ataupun merasa tidak enak badan. 

Itu beberapa gejala awal dari demam berdarah yang serupa dengan flu dan biasanya muncul empat hingga 10 hari setelah terkena gigitan nyamuk yang terinfeksi. 

Meskipun serupa dengan sakit flu biasa, namun sama pentingnya untuk segera mengobati demam berdarah, akan menjadi penyakit serius dan fatal jika tidak diobati dengan benar. Saat ini belum ada vaksin atau obat khusus untuk mengobati demam berdarah.

Cara terbaik untuk mengobati penderita demam berdarah adalah dengan memperbanyak istirahat, minum air yang cukup, dan mengonsumsi obat penurun demam, seperti parasetamol.

Jika sudah merasakan gejala tidak normal dan menyakitkan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis intensif dan terkadang transfusi darah.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di BCA Mobile Rp 11 Juta, Proses Cair Cepat dan Cicilan hanya Rp 400 Ribuan

Langkah pencegahan demam berdarah dapat dilakukan dengan pemberantasan sarang nyamuk secara berkala, penggunaan obat nyamuk, tidur menggunakan kelambu, serta pemasangan jaring pada jendela, pintu, dan semua lubang terbuka.

Terlepas dari itu semua, penyebaran demam berdarah telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan kini virus ini menjadi endemik bagi beberapa negara.

Kebanyakan kasus demam berdarah memang dapat sembuh, tetapi kamu tetap harus waspada dan memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala demam berdarah yang meliputi demam tidak kunjung reda padahal sudah minum obat demam, sakit kepala, diare, muntah, dan muncul ruam di tubuh.

BACA JUGA: Syarat Mudik Gratis Lebaran 2024 Melalui Moda Transportasi Kapal Laut, Bus dan Kereta Api

Demikian informasi mengenai p erhatikan 5 tanda demam berdarah mulai sembuh, cegah terjangkit kembali dengan berantas nyamuk. Semoga bermanfaat.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :