Niat dan Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah, Lengkap dengan Artinya

Rabu 06-03-2024,12:38 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Doa sahur ini merupakan doa yang dibaca oleh Rasulullah Saw saat menyantap hidangan sahur.

Selain itu, ada beberapa doa lain yang dianjurkan untuk dibaca pada waktu sahur, meskipun tidak ada doa yang secara spesifik disebutkan untuk waktu tersebut dalam sumber-sumber agama.

Beberapa umat Muslim juga membaca doa-doa lain yang umumnya dianjurkan pada waktu-waktu tertentu, seperti doa minta ampun (istighfar), doa memohon perlindungan (ta'awwudz), dan doa memohon berkah pada keluarga dan umat Muslim secara umum.

BACA JUGA:Kredit Motor CRF DP Rp 5 Juta, Angsuran Bisa Pilih 11-35 kali Bayar, Ini 25 Spesifikasinya

Doa minta ampun atau istighfar merupakan doa yang memohon pengampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan dosa-dosa yang mungkin tidak disadari.أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahal-ladzi laa ilaha illa huwal-hayyul qayyum wa atubu ilaih.

Artinya:"Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Qayyum (berdiri sendiri) dan aku bertaubat kepada-Nya.

"Doa perlindungan atau ta'awwudz juga penting untuk dibaca sebagai perlindungan dari gangguan syaitan dan godaan-godaan yang dapat mengganggu ibadah selama puasa. 

Berikut doanya: أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ 

A'udzu bikalimatillahit-tammati min syarri maa khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.

BACA JUGA:Pinjaman BCA m-Banking, Pinjam Rp 8 Juta Cicilan Cuma Rp 300 Ribu, Ini Syarat Pengajuan Langsung Cair

"Doa-doa ini merupakan amalan yang dianjurkan dalam agama Islam pada waktu sahur sebagai sarana untuk memperoleh berkah dalam ibadah puasa. 

Meskipun tidak ada doa sahur yang khusus dijelaskan dalam sumber-sumber agama, membaca doa-doa ini dengan penuh kesadaran dan keikhlasan dapat menjadi sarana untuk mendapatkan keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Waktu untuk Membaca Niat Puasa Ramadan dan Doa SahurDalam Islam, niat puasa seharusnya diucapkan sebelum fajar atau sebelum waktu subuh tiba, baik itu saat sahur atau sebelumnya. 

Niat puasa merupakan bagian penting dari ibadah puasa yang dianjurkan untuk diucapkan dengan hati yang ikhlas dan niat yang jelas.

Kategori :