Ini Alasan Kenapa Singa Menjadi Raja Hutan! Hewan Posisi Teratas dalam Rantai Makanan

Jumat 22-03-2024,11:44 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Selain suka menjaga ketertiban, singa disebut raja karena mereka berkuasa atas teritorialnya, dia mengendalikan setiap hal yang ada di atasnya.

BACA JUGA:Anak Berbakti Wajib Hafalkan Doa Ini agar Orang Tua Diberi Umur Panjang

Auman singa sangat keras karena memiliki laring dan alat hyoid yang unik. Suara yang keras juga dapat membantu singa berkomunikasi dengan singa lain dalam jarak jauh. 

Dengan begitu, jika sekelompok singa sedang berburu dan salah satu anggotanya tersesat, singa-singa lainnya dapat mengikuti suara auman untuk menemukannya.

Singa merupakan salah satu hewan yang berasal dari keluarga felidae atau keluarga kucing. Singa juga salah satu hewan yang hidup secara berkelompok dan terdiri dari seekor singa jantan dan banyak singa betina.

Hewan yang sering dijuluki sebagai raja hutan ini biasanya ditemukan di benua Afrika dan sebagian wilayah India.

BACA JUGA:Aplikasi Paylater Termudah, Inilah Daftar 11 Aplikasinya yang Paling Populer Tahun 2024

Umur singa di alam bebas biasanya sekitar 10 sampai 15 tahun tapi jika tinggal dalam penangkaran bisa mencapai usia 15 tahun.

Singa yang lebih muda biasanya akan merebut kepemimpinan dari singa yang lebih tua. Beberapa singa muda kebanyak di antaranya juga memakan anak singa dari pemimpin sebelumnya.

Dalam kelompoknya, singa betina justru lebih aktif sebagai sosok yang berburu dan singa jantan lebih santai dan bersikap menunggu. Mereka juga sering menunggu untuk mendapatkan jatah dari hasil buruan para betinanya.

Meskipun dijuluki sebagai raja hutan yang lebih unggul dan perkasa dari kucing besar lainnya. Singa tetap mempunyai kelemahan tersendiri yaitu tidak bisa memanjat pohon sebagus kucing besar lainnya.

BACA JUGA:Tanda Kecil Isyaratkan Kiamat Sudah Dekat, Begini Penjelasan Cendekiawan Muslim Syaikh Imran Hosein

Ciri singa jantan dan betina dapat dibedakan dengan mudah karena singa jantan ditumbuhi bulu tebal pada sekitar tengkuknya. Sebaliknya singa betina mempunyai bulu yang pendek dengan badan yang lebih kecil dari singa jantan.

Bulu tebal yang ada pada tengkuk singa jantan sering kali lebih menguntungkan karena dapat melindungi tengkuknya terutama dalam perkelahian bebas dengan kucing besar. Sebagai informasi kucing besar kerap menerkam tengkuk untuk melumpuhkan musuhnya.

Demikianlah informasi tentang alasan kenapa singa menjadi raja hutan. Semoga bermanfaat.

 

Kategori :