Ini 9 Perbedaan Kamera Mirrorless dengan DSLR, Mana yang Paling Oke?

Senin 01-04-2024,08:49 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu sebelum melakukan pemotretan. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan pun aman dari getaran yang bisa muncul dari tangan saat menggengam kamera.

BACA JUGA:Ini HP Xiaomi RAM 8GB Termurah Maret 2024, Spek Mantap Tanpa Bikin Kantong Bolong

7. View Finder atau Jendela Bidik

Setiap kamera DSLR pasti akan punya jendela bidik yang umum disebut dengan Optical View Finder (OVF). Pada kamera mirrorless, fitur ini digantikan oleh Electronic View Finder (EVF).

Pengguna mirrorless akan melihat objek foto seperti apa adanya. Kelebihan EVF adalah kita bisa mengatur ulang gambar yang tampak di LCD agar menghasilkan foto yang sesuai keinginan.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 HP Xiaomi Redmi Kamera Terbaik 2024, Spesifikasi Tinggi, Kualitas Hasil Foto Paling Jernih

Ketika memotret dengan menggunakan DSLR, Anda tidak akan tahu hasil foto seperti apa sebelum melihatnya di layar LCD. Untuk mirrorless hal-hal seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Hasil foto yang didapat sesuai dengan yang dilihat di layar LCD. Tidak akan ada tebak-tebak buah manggis seperti ketika menggunakan DLSR. Terlebih, EVF pada mirrorless saat ini sudah jauh lebih baik dibanding dengan generasi mirrorless pertama

BACA JUGA:Intip Rekomendasi 5 Hp Kamera 108 Mp Mulai dari Harga Rp 2 Jutaan Doang! Bonusnya Masih Banyak Lagi!

8. Sensor

Mirrorless memang diciptakan dengan meringkas berbagai sensor dalam sebuah proses pengambilan gambar. Sejak melakukan pengukuran cahaya dan kemudian penguncian fokus, mirrorless menggunakan satu sensor utama.

BACA JUGA:Cari Hp Baru Harga Murah Tapi Kualitas Oke di 2024? Intip Berikut Daftar Hp Terbaru 2024 Harga Rp 1 Jutaan

Sementara DSLR menggunakan sejumlah sensor berbeda, terpisah dari sensor utama, hanya untuk mengambil satu gambar saja. Itulah kenapa body DSLR sulit untuk dibuat lebih ringkas.

Saat generasi awal mirrorless, sensor yang dimiliki masih kalah jauh dibanding DSLR. Namun, belakangan sejumlah produsen kamera digital sudah mulai menyeimbangkan langkah mirrorless dengan DSLR.

Di antaranya dengan menanamkan sensor fullframe pada Mirrosless tipe high-end. Seperti yang dimiliki Sony A7 dan A7R. Hal ini akan meningkatkan kualitas gambar Mirroless.

BACA JUGA:Daftar 9 HP OPPO Ram 8GB Harga Mulai Rp2 Jutaan Spesifikasi Gahar, Kualitas Kamera Juara

Kategori :