Dijamin Tahan Lama! Begini Cara Simpan Ketupat Agar Tidak Cepat Basi

Rabu 10-04-2024,10:59 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Sebelum memasukan isian, pastikan beras telah dicuci bersih dan direndam terlebih dahulu. Biasanya beras direndam selama 30 menit hingga 2 jam agar beras mudah untuk mengembang ketika dimasak.

BACA JUGA:Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya

3. Tambahkan Air Kapur Sirih

Selain pemilihan daun kelapa dan beras, cobalah untuk menambahkan air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci. Air kapur sirih akan berfungsi sebagai pengawet dan membuat ketupat lebih kenyal sehingga ketupat tidak mudah basi.

BACA JUGA:Sholat Id, Penjabat Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni Pamit dengan Masyarakat

4. Siram Air Dingin Setelah Matang

Siram air dingin atau air es pada ketupat yang baru saja matang. Kebanyakan orang melakukan hal ini dengan merendam ketupat. Langkah itu kurang tepat karena yang benar adalah dengan mencelupkan ketupat bukan merendamnya. Lakukanlah proses ini beberapa menit saja agar proses pemanasan ketupat dapat berhenti.

BACA JUGA:Semarak Hari Raya Idul Fitri, Gubernur Ajak Umat Muslim Menjaga Hati dan Ketaqwaan

5. Gantung Ketupat

Tips agar ketupat tidak cepat basi dan tahan lama berikutnya adalah dengan menggantung ketupat. Usahakan untuk menggantung ketupat yang sudah matang di suhu ruangan.

Dengan cara ini ketupat akan tahan lama hingga 2-3 hari karena air pada ketupat akan turun dan berkurang. Lalu hindari untuk menyimpan ketupat pada wadah dengan ditumpuk karena dapat menyebabkan ketupat berlendir.

BACA JUGA:Berkah Idul Fitri, 2.415 Warga Binaan Dapat Remisi, 14 Langsung Bebas, Ini Jadwal untuk Berkunjung

6. Simpan di Kulkas

Kalau mau ketupat awet, solusinya simpan di dalam kulkas. Namun pastikan untuk menyimpannya dalam keadaan tertutup rapat agar tidak terkontaminasi dengan isi kulkas lainnya.

Ketupat baru dapat disimpan di kulkas ketika sudah benar-benar kering. Jadi sebaiknya jangan langsung memasukkan ketupat di kulkas apabila baru matang dan masih basah. Ketupat yang disimpan di kulkas dapat tahan hingga 4-7 hari.

BACA JUGA:Sholat Idul Fitri di Balai Daerah, Bupati Mian Gelar Open House Undang Warga

Kategori :