Dijamin Tahan Lama! Begini Cara Simpan Ketupat Agar Tidak Cepat Basi

Rabu 10-04-2024,10:59 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

7. Hangatkan Seperlunya Saja

Makanan satu ini tentu tidak akan habis dalam waktu sehari saja. Supaya rasanya masih tetap enak meski dimakan keesokan harinya, kalian bisa menghangatkan kembali dengan cara dikukus. Namun pastikan untuk menghangatkan ketupat seperlunya saja dan simpan kembali sebagiannya.

8. Hindari Tempat Lembab

Tips terakhir agar ketupat tidak mudah basi dan tahan lama adalah dengan menyimpannya di tempat yang bersih dan tidak lembap. Pasalnya tempat yang lembab akan membuat ketupat cepat basi.

BACA JUGA:Usai Sholat Id, Bupati dan Wabup Seluma Langsung Open House 2 Hari

Ketupat merupakan salah satu tradisi perayaan Idul Fitri di Indonesia. Ketupat adalah makanan yang identik dengan Lebaran dan biasanya disajikan dengan aneka lauk, seperti opor ayam, rendang, dan lain sebagainya.

Lebaran ketupat juga menjadi tradisi asli Indonesia. Hal itu diambil dari satu hadits, "man shoma ramadhana tsumma atba'ahu syi'ta minsyawwalin fakaana shama kasiyaamidahron" (Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka seperti telah berpuasa selama setahun penuh) -HR Muslim.

BACA JUGA:Dapat THR Lebaran, Dahulukan Bayar Utang Atau Sedekah? Simak Jawban dari Buya Yahya

Lalu, apa sebenarnya makna ketupat? Bagaimana sejarah hadirnya ketupat di Indonesia? 

"ketupat" atau "kupat" berasal dari bahasa Jawa "ngaku lepat" yang artinya "mengakui kesalahan". Oleh karena itu, ketupat Lebaran digambarkan sebagai simbol umat Muslim yang mengakui kesalahan dan saling memaafkan serta melupakan kesalahan saat momentum Lebaran Idul Fitri.

BACA JUGA:Bagi-bagi THR Lebaran tapi Masih Punya Utang yang Belum Lunas, Kata Buya Yahya Ternyata Ini Hukumnya

Demikianlah informasi tentang cara simpan ketupat agar tidak cepat basi.

Semoga bermanfaat.

(Tianzi Agustin)

Kategori :