Harta Karun Tersembunyi, Ini 6 Tambang Emas di Indonesia selain Freeport

Senin 15-04-2024,11:27 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Semua tambang ini berkontribusi pada produksi emas di Indonesia dan memiliki peran penting dalam perekonomian dan industri pertambangan.

Sementara itu, untuk diketahui Indonesia sempat menempati peringkat kedelapan penghasil emas terbesar dunia pada tahun 2023 lalu, dengan estimasi produksi 110 metrik ton emas.

Menurut USGS, konsumsi emas global paling banyak digunakan untuk perhiasan (46%), serta keperluan bank sentral dan institusi (23%). Ada pula yang dijadikan emas batangan (16%), produksi koin dan medali (9%), produksi alat elektronik (5%), serta produksi industri lainnya (1%).

Selain itu, USGS juga mencatat, secara umum total konsumsi emas global dalam 9 bulan pertama tahun 2023 turun 3% dibanding periode sama pada tahun 2022.

Rinciannya, selama 9 bulan pertama 2023, konsumsi emas global dalam bentuk batangan fisik turun 5% (year-on-year/yoy), lalu konsumsi emas untuk elektronik merosot 11% (yoy).

BACA JUGA:Harta Karun di Bengkulu Tidak hanya Emas, Ada juga Perak, Jumlahnya Jauh Lebih Banyak

Konsumsi emas untuk perhiasan dan produksi industri tidak mengalami perubahan signifikan. Sementara konsumsi emas untuk produksi koin dan medali naik 6% (yoy), dan untuk simpanan emas bank sentral melonjak 14% (yoy).

Demikian ulasan mengenai harta karun yang tersembunyi, ini 6 tambang emas di Indonesia selain Freeport.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :