Hindari Penyalahgunaan Data, Begini Cara Mudah Hapus Jejak Digital di Google Chrome

Selasa 23-04-2024,10:56 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Dengan menggunakan fitur ini, segala aktivitas yang kamu lakukan saat browsing bersifat private sehingga lebih aman dan dapat digunakan sebagai cara menghapus jejak digital Google.

BACA JUGA:Jangan Sampai Menyesal, Begini Cara Hapus Jejak Digital di Internet agar Tidak Disalahgunakan

4. Mengelola pengaturan privasi

Beberapa media sosial, aplikasi, ataupun web browser memiliki fitur kelola privasi seperti adanya fitur private account.

Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut guna membatasi segala informasi pribadi yang kamu miliki di internet. Hal tersebut nyatanya juga cukup ampuh sebagai salah satu cara menghapus jejak digital Google.

5. Hapus email tidak digunakan

Surat elektronik atau email pasti dimiliki oleh seluruh pengguna di era digital seperti saat ini. pemilik telepon genggam. Namun, jika memiliki banyak email tentunya akan menambah risiko data pribadi kamu bocor atau disebarluaskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, cara menghapus jejak digital Google yang bisa kamu lakukan ialah menghapus email-email yang tidak perlu atau sudah tidak digunakan lagi.

BACA JUGA:Pilihan Tenor 1-5 Tahun, Cek Simulasi Angsuran Honda Beat Street 2024 DP Rp 8 Juta

Cara menghapus email juga bervariatif, tergantung jenis email yang kamu miliki. Kamu bisa mengajukan untuk menghapus akun tersebut, tetapi memang prosesnya membutuhkan waktu beberapa hari.

6. Hapus riwayat pencarian Google

Tidak jarang saat melakukan browsing pada salah satu website, data informasi yang kamu berikan akan disimpan, baik secara lokal maupun cloud. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan proses sinkronisasi informasi ke perangkat lain.

Namun, bukan tidak mungkin ada risiko disitu. Baiknya setiap selesai melakukan proses browsing di internet khususnya di Google, kamu langsung menghapus log pencarian di berbagai platform agar tidak mudah disalahgunakan oleh orang lain.

BACA JUGA:Spesifikasi Vario 125 dan Simulasi Angsuran DP 20 Persen, Tenor Sampai 35 Bulan

7. Hapus cookie

Kamu bisa menghapus cookie pada browser kamu sebagai cara menghapus jejak digital Google. Dengan begitu tidak ada lagi situs yang bisa dilacak pada browser kamu.

Kategori :