Hindari Penyalahgunaan Data, Begini Cara Mudah Hapus Jejak Digital di Google Chrome

Selasa 23-04-2024,10:56 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Ini bisa dilakukan di semua browser, khususnya di Google. Jika ingin lebih simpel dalam menghapusnya, kamu bisa memanfaatkan alat pihak ketiga seperti Advanced System Optimizer untuk menghapus cookie secara sekaligus.

8. Batasi proses pelacakan dari suatu aplikasi

Setiap aplikasi memiliki cara tersendiri untuk mencatat segala aktivitas penggunanya sehingga pengguna tersebut nyaman dalam menggunakannya.

Namun sebagai cara menghapus jejak digital Google, ada baiknya kamu memeriksa pengaturan untuk menghentikan pelacakan. 

BACA JUGA:Harga Emas Antam di Pegadaian Hari Ini Turun, Termurah Harganya Segini

Hal ini tentunya dilakukan agar data informasi kamu tidak dengan mudah dilacak atau disalahgunakan oleh berbagai pihak. Jika tidak menemukan opsi penghentian pelacakan pada suatu aplikasi, sebaiknya hapus seluruh aktivitas secara manual.

9. Menggunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) bisa kamu gunakan untuk mengakses jaringan publik tetapi masuk dengan cara private. Menggunakan VPN keamanan data kamu di web akan terjamin. 

Situs web tidak akan bisa melacak kamu di internet. Tetapi meski terkesan lebih aman, jangan pernah mencoba membuka akun perbankan melalui alamat VPN karena berisiko untuk dibajak.

10. Pikir ulang sebelum posting sesuatu

Langkah paling efektif yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghapus jejak digital Google adalah dengan selalu memikirkan kembali apapun yang kamu posting di internet. Sebab, semakin sedikit kamu aktif di dunia maya, maka semakin sedikit juga jejak digital kamu yang terlacak. 

BACA JUGA:Cara Menabung Emas di Aplikasi Pegadaian Digital, Ini Persyaratan dan Tarif Biayanya

Demikianlah ulasan mengenai, hindari penyalahgunaan data, begini cara mudah hapus jejak digital di Google Chrome.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :