Cocok untuk Kaum Rebahan, 8 Ide Join Usaha Rumahan Ini Janjikan Keuntungan

Selasa 23-04-2024,11:17 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Maka itu, dalam berbisnis dibutuhkan metode evaluasi penelitian yang mendalam tentang bagaimana kompetisi pasar. Berikut ini beberapa tips menghadapi persaingan bisnis di industri digital saat ini.

BACA JUGA:Hindari Penyalahgunaan Data, Begini Cara Mudah Hapus Jejak Digital di Google Chrome

1. Kenali Kompetitor

Mengenali kompetitor adalah strategi efektif memenangkan persaingan bisnis. Bahkan, kini kompetitor dalam persaingan usaha bisa menjadi mitra bisnis. Sebab, terjadi kolaborasi yang menguntungkan kedua pihak.

Sebagai contoh persaingan bisnis, ada beberapa brand fashion milik selebriti ternama yang berkolaborasi dengan artis lainnya. Sehingga, merilis produk yang ikonik dan limited edition.

Justru, produk-produk seperti ini yang akhirnya menjadi buruan penggemar dan mampu posisi teratas dan dapat dikategorikan sebagai contoh persaingan bisnis.

2. Strategi Marketing

Persaingan bisnis ibarat bumbu yang akan semakin membuat bisnis kamu jadi lezat dinikmati konsumen. Walaupun, risiko persaingan usaha tidak sehat tetap ada.

Tetapi, jika merek mampu bertahan dan memiliki strategi marketing yang bagus, merek tersebut akan tetap juara di hati para konsumennya.

BACA JUGA:Cara Buka Rekening Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital, Cukup Ikuti 6 Langkah Simpel Ini

Contoh persaingan bisnis hitam atau persaingan usaha tidak sehat yang sempat terjadi ketika ada merek penyedap rasa makanan yang dikatakan mengandung babi dan non-halal.

Selanjutnya, menerapkan strategi marketing yang lebih humanis dengan menggandeng selebriti chef dan artis muda asal Jepang. Lambat-laun, rumor tersebut memudar dan seiring waktu mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali.

3. Mempelajari Perilaku Konsumen

Bukan hanya mengenali dan mengetahui saja, tetapi perilaku konsumen harus dipelajari secara spesifik.

Bahkan, beberapa merek sengaja merekrut tenaga ahli atau tim profesional untuk mempelajari tentang bagaimana perilaku konsumen terhadap merek mereka didukung data dan statistik yang faktual.

Hal ini penting mengingat, mungkin saja kompetitor juga melakukan hal serupa untuk memenangkan persaingan bisnis.

Kategori :