Asam Urat Kambuh? Coba Pakai Rebusan Serai, Begini Cara Membuat dan Aturan Minumnya

Jumat 03-05-2024,10:57 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Nah itulah faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah. Agar asam urat tidak kambuh ada beberapa makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari sebisa mungkin oleh penderitanya:

1. Asparagus
Asparagus adalah salah satu makanan penyebab asam urat kambuh berikutnya. Memang, asparagus memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

2. Sayur Bayam
Selain asparagus, bayam merupakan sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Lantaran, sayur bayam didapati mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Bahkan, dalam 100 gram sayur bayam diketahui terdapat kurang lebih 57 gram purin.

BACA JUGA:Jokowi Harap Indonesia Menang, Begini Susunan Pemain Timnas U23 vs Irak Malam Ini

3. Durian
Seseorang dengan kadar asam urat tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Dikarenakan durian mengandung purin yang cukup tinggi dan dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh.

4. Makanan yang Mengandung Ragi
Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari konsumsi roti, acar, tape, dan makanan fermentasi lainnya secara berlebihan. Sebab, ragi dan ekstrak ragi yang digunakan dalam mengolah makanan tersebut diketahui mengandung purin yang dapat memperburuk rasa nyeri dari asam urat.

5. Jeroan
Pantangan asam urat yang pertama adalah jeroan. Jeroan hewan, seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan sejenisnya diketahui mengandung purin yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Masih Melimpah, Cadangan Batu Bara di Jambi akan Habis 100 Tahun Lagi, Lokasinya di Kabupaten Ini

6. Daging Merah
Di samping jeroan, daging merah ternyata juga menjadi pantangan asam urat. Namun, purin yang terkandung di dalam daging merah masih tergolong sedang dan tidak terlalu tinggi seperti pada jeroan.

7. Minuman Beralkohol
Pantangan asam urat lainnya adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol diketahui dapat menghambat ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh.

8. Makanan Laut
Makanan laut yang menjadi pantangan asam urat di antaranya yaitu kerang, udang, serta teri. Lantaran, makanan laut ini diketahui memiliki kadar purin yang tinggi.

Demikianlah informasi tentang asam urat kambuh? coba pakai rebusan serai, begini cara membuat dan aturan minumnya . Semoga bermanfaat.



Tianzi Agustin

Kategori :