Waspada Tertipu! Ada Modus Pinjol Salah Transfer, Ini Langkah Pencegahannya

Senin 20-05-2024,20:02 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Makin Mudah, Begini Cara Ajukan KUR BNI 2024 Online Lengkap dengan Syaratnya

3. Penawaran Melalui SMS/WhatsApp

Selanjutnya, modus penipuan pinjol ilegal terbaru yakni penipu juga sering menawarkan pinjaman melalui pesan SMS atau WhatsApp dengan iklan yang menarik.

Namun, untuk perusahaan fintech kredibel tidak akan menawarkan produk secara sembarangan melalui pesan pribadi.

Jadi,untuk masyarakat jangan mudah tergoda oleh tawaran yang terlalu baik untuk dipercaya, dan selalu waspada terhadap penawaran pinjaman yang muncul melalui pesan pribadi.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Begini Cara Ajukan Pinjaman KUR BRI 2024, Bisa dari Rumah

4. Social Engineering

Modus penipuan terbaru 2024 ini seringkali melibatkan social engineering, di mana penipu memanipulasi pikiran korban melalui komunikasi manusia.

Jadi penting untuk kamu untuk menghindari  memberikan informasi pribadi seperti kata sandi, akun mobile banking kamu serta mengenai OTP melalui telepon tanpa verifikasi yang jelas.

Usahakan selalu tingkatkan kewaspadaan saat berkomunikasi untuk menghindari manipulasi pikiran yang dapat merugikan kamu.

BACA JUGA:Cairkan Modal Usaha Tanpa Bunga dan Riba, Begini Cara dan Syarat Pinjaman KUR BSI 2024

5. Replikasi Nama Pinjol Legal

Modus terakhir terkadang orang terjebak , Para penipu sering mereplikasi nama perusahaan fintech legal hingga meniru logo OJK untuk memancing korban.

Dengan mereka menggunakan detail-detail seperti perbedaan satu huruf, spasi, atau huruf besar dan kecil yang sulit terlihat.

Jadi, usahakan teliti dengan seksama saat mengenali perbedaan ini untuk memastikan bahwa aplikasi yang digunakan berasal dari pinjol resmi.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman PPPK Bank Sumsel Babel, Pinjaman Rp25 Juta Maksimal Tenor Angsuran 60 Bulan

Kategori :