Begini Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Menurut Teori Para Ahli, Benarkah Berasal dari Luar Negeri?

Rabu 29-05-2024,16:53 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Prof. H. Kroom meyakini asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah, karena pada daerah tersebut terdapat sumber-sumber sungai besar. Mereka kemudian menyebar ke Indonesia sekitar tahun 2000-1500 SM. 

BACA JUGA:Mengulik Asal Usul Suku Kaur, Tidak Boleh Menikah Semerge

4. Prof. Moh. Yamin 

Menurut Moh Yamin, nenek moyang bangsa indonesia berasal dari wilayah Indonesia sendiri, bukan dari daerah lain. Pendapat ini didukung alasan bahwa fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap ditemukan di wilayah Indonesia dibandingkan dengan daerah lainnya di Asia. 

Misalnya dengan penemuan manusia purba sejenis Homo soloensis dan Homo wajakensis. 

BACA JUGA:Menyebar di Kawasan Bengkulu Selatan, Begini Asal Usul Suku Serawai, Tradisi Perkenalan Bujang Gadis

5. Von Heine-Geldern 

Nama ahli yang berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Campa, Cochinchina, dan Kamboja adalah Von Heine-Geldern. Ia berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia. 

Pendapat ini didukung oleh artefak-artefak yang ditemukannya di Indonesia memiliki banyak persamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia. 

BACA JUGA:Menengok Asal Usul Bengkulu, Punya Bunga Tunggal Terbesar di Dunia hingga Tradisi Opoi Malem Likua

Sementara itu, Von Heine-Geldern meyakini kelompok ras dominan yang datang ke Indonesia adalah ras yang berpostur tubuh besar dengan tinggi sekitar 155 sentimeter. 

Ras ini mempunyai ciri-ciri berkulit hitam, berambut keriting, matanya bercorak ke dalam, dan alisnya agak menonjol ke depan.

Ras aslinya banyak berada di Srilanka dan dikenal sebagai ras Wedoid. Ahli sejarah menyatakan ras Wedoid melakukan migrasi ke Indonesia sekitar tahun 6000 SM.

BACA JUGA:Seharusnya Orang Aceh Tahu, Begini Sejarah Awal Asal Usul Orang Aceh

Sementara itu, Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, suku, dan bahasa. Melalui artikel ini, kami akan membahas beberapa ciri-ciri khas orang Indonesia yang mungkin tidak Anda ketahui. 

1. Keramahan yang Luar Biasa

Kategori :