Agar Sukses Berwirausaha, Ini Cara Menjanjikan untuk Memulainya, Cocok Buat Pemula

Rabu 29-05-2024,18:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Tetapi rata-rata pengusaha kelas kakap itu juga memulai bisnis di satu bidang dulu, baru kemudian mengembangkan bisnis dan melebarkan sayap.

Fokus pada satu bidang bisnis akan memudahkan kita untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan.

BACA JUGA:Penuhi Syarat Top Up KUR BRI 2024, Dapatkan Tambahan Usaha, dengan Bunga Rendah 0,3% per Bulan

3. Pelajari Bidang Usaha yang Dipilih

Setelah menentukan bidang usaha apa yang akan digeluti, kita perlu mempelajari bidang usaha tersebut secara lengkap. Lakukan riset pasar serta riset produk atau layanan yang akan ditawarkan.

Riset ini berguna agar kita bisa menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas. Riset juga memungkinkan kita meminimalisir kekurangan produk/layanan di kemudian hari.

BACA JUGA:Dijamin Untung, Ini Daftar 10 Ide Usaha Modal Rp 10 Jutaan, Lengkap dengan Tips Menjalankan

4. Buat Perencanaan Usaha

Bahan-bahan riset yang didapatkan bisa menjadi pedoman kita untuk membuat perencanaan usaha. Rencana bisnis ini penting agar kita dapat menjalankan bisnis dengan baik, rapi, dan fokus. Perencanaan tersebut mencakup anggaran, pemilihan lokasi atau tempat usaha, cara menjalankan usaha (offline atau online), target pasar, dan sebagainya.

BACA JUGA:Ini Daftar 4 Tempat Terbaik untuk Gadai BPKB Motor, Dijamin Cepat Cair Tanpa Perlu Survei

5. Pastikan Modal Usaha Cukup

Selama membuat perencanaan usaha, kita juga akan mengetahui apakah modal yang kita miliki mencukupi atau tidak. Pastikan untuk memilih jenis usaha yang bisa dipenuhi oleh modal yang kita miliki. Jika modal kurang, tidak perlu memaksakan diri untuk memulai usaha yang terlalu besar.

BACA JUGA:3 Risiko Gadai BKPB Motor, Kenali Konsekuensinya Dulu Sebelum Surat Kendaraan Anda Gadai

6. Memperkuat Modal Jaringan dan Relasi

Selain modal finansial, kita juga perlu memperkuat modal lainnya yakni jaringan dan relasi. Jaringan dan relasi penting untuk menunjang kelangsungan usaha kita. 

Dengan jaringan dan relasi yang tepat, kita bisa diuntungkan misalnya dengan mendapatkan harga bahan baku berkualitas yang lebih murah, lebih mudah melakukan distribusi ke daerah tertentu, dan sebagainya.

Kategori :