7. Identifikasi Keunggulan dan Keunikan Produk
Dalam perencanaan usaha, kita juga perlu mengidentifikasi keunggulan dan keunikan produk atau layanan kita. Keunggulan dan keunikan inilah yang akan ditonjolkan dalam promosi dan pemasaran kita nantinya.
8. Susun Strategi Promosi yang Efektif
Selanjutnya kamu perlu mempersiapkan strategi pemasaran dan promosi yang efektif. Promosi diperlukan agar produk dan layanan kita dikenal oleh sebanyak mungkin orang, sehingga kita bisa menemukan pelanggan potensial.
Pilih kanal promosi yang sesuai dengan target pasar dan segmentasi yang sudah ditentukan pada perencanaan bisnis, entah itu lewat promosi online maupun offline.
BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BSI 2024 Plafon Rp 200 Juta, Syarat Pinjam Punya Usaha Produktif
9. Utamakan Kredibilitas dan Brand Image
Sejak awal sebelum memulai usaha, kita juga perlu berkomitmen untuk mengedepankan kredibilitas dan brand image yang baik.
Kredibilitas dan brand image ini penting untuk membangun serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan kita, sehingga mereka bersedia terus menggunakan produk dan layanan tersebut.
BACA JUGA:Tanpa Bunga dan Bebas Riba, Buruan Lengkapi Syarat KUR BSI 2024, Pengajuan Bisa Online
10. Bangun Relasi yang Baik dengan Konsumen
Perlakukan konsumen bukan hanya sebagai pembeli yang memberikan uang untuk mendapatkan produk atau layanan kita, tetapi juga sebagai 'mitra' yang kebutuhannya wajib kita penuhi. Jika relasi yang baik sudah terbangun, konsumen akan cenderung loyal dan terus menggunakan produk dan layanan dari perusahaan kita.
BACA JUGA:3 Manfaat Gabung Jadi Merchant BRI, Salah Satunya Meningkatkan Transaksi Penjualan
11. Atur Keuangan agar Efisien