13 Cara Membedakan Emas Palsu dan Asli, Lengkap dengan Kode Emas

Sabtu 01-06-2024,09:47 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Untuk itu, cara membedakan emas asli dan palsu bisa dengan menjatuhkan atau mengetukkan ke keramik atau permukaan keras akan mengeluarkan suara yang nyaring. Sementara bunyi emas palsu relatif lebih pendek.

11. Uji Profesional

Mendatangi toko emas resmi dan terpercaya untuk membeli emas asli menjadi cara yang paling mudah dan terbaik. Begitu pula untuk mengecek keaslian emas yang ada. Mendatangi toko resmi, seperti Butik Antam LM.

CertiEye

Kamu bisa meminta bantuan mengecekkan emas secara profesional sehingga hasilnya lebih akurat, baik kadar maupun beratnya. Hal itu bisa membantu untuk memperkirakan harga jualnya. Bisa juga mengecek keasliannya dengan menggunakan aplikasi cek emas asli CertiEye.

BACA JUGA:Miliki Cadangan Harta Karun Emas Mencapai 168,6 Juta Ton, Ternyata Ini Kualitas Emas Sumatera

12. Emas palsu mengubah warna kulit

Emas palsu biasanya akan membuat warna kulit pemakainya berubah, meski baru memakai beberapa menit. Biasanya warna kulit akan berubah agak gelap atau kehijauan.

Perubahan warna kulit itu sebagai reaksi kimia yang ditimbulkan kulit saat bersentuhan emas palsu. Sebab, emas asli tidak akan menimbulkan reaksi tersebut.

BACA JUGA:Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

13. Emas palsu lebih ringan

Emas asli akan terasa berat meski ukurannya kecil. Namun, emas palsu akan lebih ringan daripada ukurannya. Jika belum terbiasa membandingkan berat emas dengan tangan, cobalah dengan bantuan timbangan.

Nah itulah beberapa cara membedakan emas palsu dan asli. Semoga bermanfaat.

 

(Novan)

Kategori :