Motor Jadi Irit Bahan Bakar Tergantung Cara Bawa Motor, Ini 5 Cara Agar Motor Hemat Bensin

Senin 03-06-2024,08:52 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Intip 7 Motor Lawas Paling Irit BBM, Ada Astrea Shogun dan Suzuki Smash

3. Kecepatan Berkendara Stabil 

Mengubah kecepatan berkendara secara tiba-tiba dari kencang ke pelan atau sebaliknya, membuat penggunaan bensin boros. Misalnya kebiasaan geber gas motor dan gas-rem gas-rem, itu sebaiknya dihindari agar hemat bensin.

Berkendara dengan kecepatan stabil, selain membuat irit penggunaan bensin juga meningkatkan keamanan berkendara di jalan. 

4. Tidak Memaksa Motor Membawa Beban di Luar Batas

Logika sederhananya, semakin berat beban yang dibawa di atas motor, konsumsi bahan bakar juga semakin besar. Hal ini bisa dijelaskan bahwa mesin motor terpaksa bekerja lebih keras daripada standarnya saat membawa muatan di luar batas.

Sepeda motor umumnya didesain untuk berboncengan dua. Jika dipaksa untuk berbonceng lima, selain boros bensin akan berimbas pada keselamatan berkendara di jalan raya serta berdampak langsung pada umur komponen sepeda motor.

BACA JUGA:Ini 7 Rekomendasi Motor Bebek Rajanya Irit 2024, Cek Harganya

5. Tidak Melewati Jalan Rusak

Usahakan tidak lewat jalan berlubang, rusak, atau tanjakan curam. Jalan landai akan lebih menghemat bahan bakar sepeda motor alih-alih jalan yang penuh lika-liku.

Memperhatikan faktor yang berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor serta menerapkan cara irit bensin di atas, akan membantu pengendara memperoleh pengalaman berkendara lebih asyik.

BACA JUGA:Ini 5 Pilihan Motor Paling Irit Tahun 2024 Keluaran Honda, Ada yang Capai 62 Kilometer per Liter

Itulah ulasan mengenai cara bawa motor agar irit.

 

(Novan)

Kategori :